Tambang Emas Ilegal di Aceh Barat Longsor, Seorang Penambang Tewas Tertimbun

Antara ยท Jumat, 07 Agustus 2020 - 23:14 WIB
Tambang Emas Ilegal di Aceh Barat Longsor, Seorang Penambang Tewas Tertimbun
Ilustrasi korban tewas. (Foto: IST)

ACEH, iNews.id - Tambang emas ilegal di Desa Kualabhee, Kecamatan Woyla, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh longsor, Jumat (7/8/2020) sore. Dalam peristiwa ini, seorang penambangan tewas tertimbun material longsoran.

Identitas korban diketahui bernama Yulismawati (50) warga Desa Seumatok, Kecamatan Woyla. Saat kejadian, korban bersama sejumlah rekannya sedang menambang di tambang emas liar tersebut.

"Benar, korban meninggal dunia setelah tertimbun longsor batu tebing gunung saat sedang mencari emas bersama sejumlah warga yang lain," ujar Camat Woyla Aceh Barat Yulisman, Jumat (7/2020) malam.

Dia mengatakan, sebelum musibah itu terjadi, korban Yulismawati bersama warga yang lain awalnya mencari emas di sekitar aliran sungai kawasan Desa Kualabhee. Korban sempat selamat ketika tebing gunung tempat mereka mencari emas runtuh di lokasi kejadian.

Selanjutnya korban beralih ke lokasi berbeda untuk mengeruk tebing gunung. Namun nahas, terjadi longsor susulan yang kali ini menimbun seluruh tubuh korban.

"Sejumlah rekan korban berusaha menyelamatkannya dengan cara mengeruk tanah menggunakan tangan kosong dan peralatan seadanya," katanya.

Kejadian ini kemudian dilaporkan, lalu petugas SAR gabungan yang terdiri atas BPBD Aceh Barat, TNI dan Polri terjun ke lokasi untuk membantu evakuasi dan penyelamatan.

“Korban sempat dibawa ke Puskesmas Woyla untuk mendapatkan pertolongan medis, namun nyawanya sudah tidak dapat tertolong. Jenazag korban langsung dikebumikan di pemakaman desa tempat tinggalnya," ucap Yulisman


Editor : Donald Karouw