Siswa SMK yang Tusuk Guru hingga Tewas di Manado Terancam Hukuman Seumur Hidup

Jefry Langi ยท Selasa, 22 Oktober 2019 - 17:27 WIB
Siswa SMK yang Tusuk Guru hingga Tewas di Manado Terancam Hukuman Seumur Hidup
FF (16) siswa SMK Ichtus yang menusuk gurunya hingga tewas ditahan di Mapolresta Manado, Sulawesi Utara. (Foto: iNews.id/Jefry Langi)

MANADO, iNews.id – FF (16) siswa SMK Ichtus di Kecamatan Mapanget, Kota Manado, Sulawesi Utara yang nekat menusuk gurunya berkali-kali hingga akhirnya tewas terancam hukuman seumur hidup.

Kapolresta Manado, Kombes Pol Benny Bawensel mengatakan, FF sudah ditetapkan tersangka dan dijerat Pasal 340 KUHP dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara dan maksimal seumur hidup.

“Tersangka kita sangkakan dengan Pasal 340 KUHP tentang Pembunuhan. Ancaman hukumannya seumur hidup atau 20 tahun penjara,” katanya, Selasa (22/10/2019).

BACA JUGA: Video Amatir Tunjukkan Detik-Detik Siswa SMK di Manado Tikam Gurunya Bertubi-tubi

Kapolresta mengaku sudah mengolah tempat kejadian perkara (TKP) dan memeriksa enam orang saksi. Polisi juga sudah berkoordinasi dengan Balai Pemasyarakatan (Bapas) untuk mendampingi tersangka.

“Tersangka sudah kita tahan. Kita koordinasi dengan Bapas untuk melakukan pendampingan,” katanya.

Benny Bawensel mengungkapkan, dari hasil pemeriksaan pelaku dan saksi-saksi, sebelum melakukan aksi nekatnya tersangka dan temannya mendapat hukuman karena datang terlambat ke sekolah, Senin (21/10/2019). Begitu selesai menjalani hukuman, pelaku dan temannya lalu merokok di dalam sekolah.

Korban yang melihat pelaku merokok, datang menegur. Namun, pelaku tidak terima ditegur oleh guru. Pelaku lalu pulang ke rumah, mengambil pisau, dan kembali ke sekolah. Begitu bertemu korban, pelaku langsung menikamnya berkali-kali.

“Tersangka melihat korban di atas sepeda motor dan menusukkan pisau beberapa kali. Korban berusaha berlari ke halaman sekolah saat ditusuk untuk menghindar, namun tersangka tetap menusuknya beberapa kali hingga korban luka-luka,” kata Benny Bawensel.

BACA JUGA: Siswa SMK yang Tikam Guru hingga Tewas Gara-Gara Ditegur Ditahan Polresta Manado

Akibat ditusuk berkali-kali, korban luka parah dan dilarikan ke Rumah Sakit Profesor Kandow Manado. Namun, setelah dirawat intensif 10 jam, korban akhirnya meninggal dunia karena mengalami pendarahan hebat.


Editor : Kastolani Marzuki