RS Lapangan TNI AD untuk Korban Gempa Sulbar Mulai Beroperasi

Antara ยท Jumat, 05 Februari 2021 - 08:45:00 WIB
 RS Lapangan TNI AD untuk Korban Gempa Sulbar Mulai Beroperasi
KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa memimpin rapat penanganan bencana gempa bumi Sulbar di Mabesad, Jakarta. (Foto: Dispenad).

JAKARTA, iNews.id - Rumah Sakit (RS) Lapangan untuk korban gempa di Sulawesi Barat (Sulbar) mulai beroperasi. RS tersebut dukungan dari TNI Angkatan Darat.

"Rumah Sakit lapangan dukungan dari TNI Angkatan Darat di Sulawesi Barat dapat dimanfaatkan untuk seluruh masyarakat yang terdampak bencana gempa bumi," ujar Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa melalui keterangan pers di Jakarta, Jumat (5/2/2021).

Menurutnya fasilitas rumah sakit lapangan tersebut sangat lengkap untuk penanganan medis bagi para korban gempa. Dia mengatakan akan terus mengawal penanganan bencana gempa bumi di Sulbar tersebut untuk membantu pemulihan korban pascabencana. 

Sementara itu Panglima Kodam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Sumangerukka juga sudah memberikan laporan terkait RS Lapangan dukungan dari KSAD Jenderal Andika Perkasa tersebut. Menurutnya rumah sakit sudah beroperasi melayani para korban bencana gempa di Majene maupun Mamuju.
 
"Pasien yang sudah dilayani mulai berdirinya sampai saat ini adalah 124 orang. Sedangkan operasi sampai saat ini belum ada, tapi ke depannya akan banyak terutama yang terkena ISPA. Bisa jadi rumah sakit yang digelar oleh pemerintah daerah akan dipindahkan semua di tempat kita," katanya.

Editor : Reza Yunanto

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: