Ribuan Belalang Kembara Serbu Kawasan Bandara Umbu Mehang Kunda Sumba Timur

dionisius umbu ana londu ยท Sabtu, 11 Juli 2020 - 02:01 WIB
Ribuan Belalang Kembara Serbu Kawasan Bandara Umbu Mehang Kunda Sumba Timur
Bandara Umbu Mehang Kunda (UMK) Sumba Timur, NTT diserbu ribuan belalang kembara, Jumat (10/7/2020) petang. (Foto: iNews/Dionisius Umbu Ana Londu)

SUMBA TIMUR, iNews.id – Bandara Umbu Mehang Kunda (UMK) Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) diserbu ribuan belalang kembara, Jumat (10/7/2020) petang. Serbuan belalang  yang juga miliki nama Locusta Migratoria itu datang dari arah barat dan dengan cepat masuk ke kawasan bandara.

Beruntung, saat koloni belalang itu menyerbu bandara tidak ada pesawat yang mendarat atau lepas landas sehingga tidak mengganggu jadwal penerbangan.

“Baru sekitar setengah jam lalu tadi belalang ini muncul. Kemarin-kemarin tidak ada, untung juga mereka datang di saat tidak ada pesawat landing,” kata petugas Bandara UMK.

Belalang nampak terbang melintasi angkasa (udara) di atas kawasan bandara seperti di area parkir. Selain itu kawasan di seputaran kantor Stasiun Meteorologi juga di lewati oleh belalang tersebut.

Pada Juni 2017 lalu, serbuan belalang dalam jumlah besar membuat aktivitas di Bandara UMK itu terganggu. Saat itu belalang jejali landasan dan membuat pesawat yang sebelumnya telah berhasil landing sempurna, tidak bisa take off sesuai jadwal karena landasan dipenuhi belalang kembara.

Data dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Sumba Timur menyebutkan, belalang kembara dalam koloni besar meresahkan warga di delapan kecamatan.

Ribuan spot koloni belalang kembara dengan aneka usia ditemukan di hamparan padang pengembalaan dan juga menyerang beberapa lahan pertanian warga. Karena masih tersebar di hamparan padang sabana, belalang ini belum sampai menyerang lahan pertanian warga secara meluas.


Editor : Kastolani Marzuki