Ratusan Warga Rusak Kantor Induk Perusahaan Kelapa Sawit di Bengkulu Utara

Ismail Yugo ยท Senin, 12 Oktober 2020 - 16:53:00 WIB
Ratusan Warga Rusak Kantor Induk Perusahaan Kelapa Sawit di Bengkulu Utara
Massa membakar ban di lokasi Kantor Induk PT Agricinal Kabupaten Bengkulu Utara, Senin (12/10/2020). (Foto: iNews/Ismail Yugo)

BENGKULU, iNews.id - Kerusuhan terjadi di PT Agricinal di Kecamatan Putri Hijau, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu, Senin (12/10/2020). Ratusan warga merusak bangunan perusahaan yang bergerak di bidang kelapa sawit itu.

Selain memecahkan kaca, ratusan warga membakar ban tepat di depan Kantor Induk PT Agricinal di Desa Pasar Sebelat. Ratusan personel keamanan telah diterjunkan ke lokasi agar kerusuhan tak meluas.

Dari informasi yang berhasil dirangkum, aksi perusakan tersebut merupakan puncak kekesalan warga lantaran belum mendapatkan kejelasan terkait lahan Hak Guna Usaha (HGU) PT Agricinal yang diminta dikembalikan kepada lima desa penyangga.

Menurut warga, izin lahan yang masuk dalam HGU perusahaan disebutkan telah habis. Sementara warga dari lima desa penyangga tidak memberikan izin perpanjangan.

Danramil Putri Hijau Kapten Inf Sucipto yang dihubungi mengatakan, kapolres Bengkulu Utara saat sudah berada di lokasi dan menemui warga. Massa diminta tenang dan tidak bertindak anarkistis

"Saat ini tengah dilakukan mediasi, dipimpin Kapolres Bengkulu Utara," kata Danramil Putri Hijau Kapten Inf Sucipto saat dihubungi lewat telepon seluler.

Sementara pihak PT Agricinal belum bisa dikonfirmasi terkait kerusuhan massa di lokasi perusahaan kelapa sawit itu.

Editor : Maria Christina