Puskesmas di Pringsewu Tutup Sementara usai Rawat Pasien Diare Bergejala Covid-19

Indra Siregar ยท Sabtu, 19 September 2020 - 03:45:00 WIB
Puskesmas di Pringsewu Tutup Sementara usai Rawat Pasien Diare Bergejala Covid-19
Puskesmas Adiluwuh Pringsewu tutup sementara. (Foto: Istimewa).

PRINGSEWU, iNews.id - Puskesmas Adiluwih di Kabupaten Pringsewu, Lampung, tutup sementara usai merawat pasien diare dengan gejala Covid-19. Langkah ini dilakukan karena keluarga tidak jujur korban memiliki riwayat perjalan dari daerah endemik.

Kepala Puskesmas Adiluwih, Samsul Rizal, membenarkan layanan kesehatan tersebut tutup sementara. Enam petugas kesehatan yang menangani pasien pun diminta isolasi mandiri selama 14 hari.

"Pasien mengeluhkan diare, namun disertai gejala batuk pilek dan demam," kata Samsul di Kabupaten Pringsewu, Lampung, Jumat (18/9/2020).

Menurut dia, keluarga pasien tidak memberikan informasi yang jujur saat berobat. Belakangan diketahui bahwa pasien tersebut baru pulang dari daerah endemik Covid-19 yakni Kota Bogor, Jawa Barat (Jabar).

Setelah mendapati informasi tersebut, puskesmas pun tutup sementara waktu dan meminta petugas kesehatan yang berinteraksi dengan pasien menjalani isolasi mandiri selama 14 hari.

"Kami sudah tutup sejak Rabu (14/9/2020)," ujar dia.

Pasien tersebut, kata dia, sudah menjalani tes swab. Dari hasil pemeriksaan pertama dinyatakan negatif. Namun mereka masih menunggu laporan tes kedua.

"Kalau negatif juga, kami akan buka pelayanan kembali," ujar dia.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal