Penusukan Syekh Ali Jaber, Polda Lampung Perketat Keamanan Pendakwah

Antara ยท Selasa, 15 September 2020 - 23:15 WIB
Penusukan Syekh Ali Jaber, Polda Lampung Perketat Keamanan Pendakwah
Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arysad. (Foto: iNews/Andres Afandi)

BANDARLAMPUNG, iNews.id – Peristiwa penusukan teerhadap Syekh Ali Jaber menjadi perhatian utama polisi terutama jajaran Polda Lampung. Mereka akan meningkatkan keamanan bagi para pendakwah agar tidak terjadi peristiwa serupa.

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad mengatakan, polisi akan lebih meningkatkan keamanan bagi para pendakwah agar tidak terulang kembali perbuatan yang tidak diinginkan.

"Ke depan kepolisian akan melakukan keamanan asal panitia memberikan informasi dengan surat izin keramaian," katanya, di Bandarlampung, Selasa (15/9/2020).

Setelah memberikan informasi izin keramaian, kata dia, penanggung jawab wilayah wajib mengamankan kegiatan masyarakat apalagi kegiatan terhadap ulama.

"Termasuk nantinya para pendakwah yang akan datang, baik dari luar Lampung maupun dalam Lampung sendiri," kata dia.

Dia menambahkan, untuk dakwah Syekh Ali Jaber yang telah berlangsung, telah memiliki surat izin keramaian. Untuk selanjutnya bagi para pendakwah dan lainnya agar memberikan informasi izin keramaian agar pihak penanggung wilayah dapat memonitoring.

"Setelah dilakukan pemantauan, mudah-mudahan tidak ada lagi hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi lagi," ujarnya.

Penusukan terhadap Syekh Ali Jaber terjadi saat pendakwah asal Arab Saudi itu sedang mengisi pengajian di acara tahfid kompleks Masjid Falahuddin, Bandarlampung, Minggu (13/9/2020) sore.

Syekh Ali Jaber tiba-tiba ditusuk tersangka Alfin Andrian (24) dengan pisau dengan menyasar leher namun ditangkis hingga mengenai lengan kanannya. Akibat kejadian itu, Syekh Ali Jaber harus mendapat 10 jahitan. Tersangka kini sudah ditahan di Mapolresta Bandarlampung dan dijerat pasal berlapis.


Editor : Kastolani Marzuki