Puluhan Warga di Lombok Timur Keracunan Soto saat Buka Puasa, 1 Anak Tewas

Ramli Nurawang ยท Rabu, 20 Mei 2020 - 15:48 WIB
Puluhan Warga di Lombok Timur Keracunan Soto saat Buka Puasa, 1 Anak Tewas
Korban keracunan dirawat di selasar rumah sakit di Lombok Timur akibat ruangan penuh. (Foto: iNews/Rami Nurawang)

LOMBOK TIMUR, iNews.id - Puluhan warga Desa Labuhan Haji, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) keracunan setelah makan soto saat berbuka puasa. Peristiwa yang terjadi Selasa (19/5/2020) petang itu mengakibatkan satu anak tewas.

Korban mengembuskan napas terakhirnya, Rabu (20/5/2020) saat dalam perawatan di rumah sakit. Sedangkan belasan korban lainnya masih dirawat intensif di RSUD dokter Raden Soedjono Selong.

Korban keracunan, Wildan menuturkan, belasan warga mengalami muntah-muntah dan pusing kepala setelah menyantap soto saat berbuka puasa.

“Habis makan soto, malamnya korban pada mengeluh pusing kepala, mual dan muntah-muntah. Mereka kemudian dibawa ke puskesmas,” katanya.

Dia menuturkan, soto yang disantap belasan warga itu disuguhkan pemilik sawah saat panen padi. Tak hanyak orang tua, anak dan ibu serta tetangga mereka yang mencicipi soto tersebut mengalami gejala yang sama.

“Total yang dirawat saat ini ada 15 orang. Sedangkan yang sudah diperbolehkan pulang dan rawat jalan 22 orang. Yang meninggal satu, anak-anak,” katanya.

Terkait insiden itu, petugas Dinas Kesehatan setempat telah mengambil sampel berupa bumbu soto yang dimakan dan langsung dibawa ke BBPom Mataram. Kasus keracunan massal itu juga masih diselidiki petugas Polres Lombok Timur.


Editor : Kastolani Marzuki