Pilkada Tinggal Hitungan Jam, KPU Sumba Timur Bakar 17.000 Surat Suara

Dionisius Umbu Ana Lodu ยท Selasa, 08 Desember 2020 - 16:11:00 WIB
Pilkada Tinggal Hitungan Jam, KPU Sumba Timur Bakar 17.000 Surat Suara
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumba Timur membakar lebih dari 17.000 surat suara, Selasa (8/12/2020). (Foto: iNews/Dionisius Umbu Ana Lodu)

SUMBA TIMUR, iNews.id – Pilkada Serentak yang digelar Rabu (9/12/2020), termasuk di Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). Jelang pesta demokrasi yang tinggal hitungan jam lagi terlaksana itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumba Timur membakar lebih dari 17.000 surat suara, Selasa (8/12/2020).

Pembakaran surat suara dipimpin Ketua KPU Sumba Timur Oktavianus Landi di halaman samping sekretariat KPU setempat, Selasa sore, sekitar pukul 14.30 WITA. Kapolda NTT Irjen Pol Lotharia Latif turut dan perwakilan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyaksikan pembakaran surat suara itu.

Ketua KPU Sumba Timur Oktavianus Landi mengatakan, surat suara yang dimusnahkan itu sudah rusak atau tidak terpakai karena tidak layak. 

"Jumlahnya sekitar lebih dari 17.000 lembar. Tadi kami sudah lakukan pemusnahan dengan diksaksikan pihak kepolisian juga Bawaslu," kata Oktavianus Landi usai pmusnahan surat suara.

Selain Kapolda NTT, turut hadir menyaksikan saat pembakaran, Kapolres Sumba Timur AKBP Handrio Wicaksono dan anggota Bawaslu Sumba Timur.

Sekretaris KPU Sumba Timur, Umbu Tamu Hawu mengatakan, kerusakan 17.000 lembar surat suara yang dimusnahkan itu di antaranya gambar yang tidak jelas. Sebagian surat suara ada bekas tusuk yang bisa saja seperti mengarahkan kepada salah satu paslon. 

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: