Pertama dalam Sejarah, Sultra Ekspor Ikan Hias ke Brunei Darussalam 

Antara · Kamis, 29 April 2021 - 14:37:00 WIB
Pertama dalam Sejarah, Sultra Ekspor Ikan Hias ke Brunei Darussalam 
Sultra mulai ekspor ikan hias melalui Bandaha Haluoleo dengan tujuan Brunei Darussalam. Foto: Humas BKIPM Kendari

KENDARI, iNews.id - Untuk kali pertama dalam sejarah, Sulawesi Tenggara (Sultra) mengekspor ikan hias air laut ke Brunei Darussalam. Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kendari menyatakan, ekspor 2.236 komoditas ikan hias air laut dimulai pada Kamis (28/4/2021) melalui Bandara Haluoleo, Kendari.

Ekspor perdana ini dilaksanakan oleh Bea Cukai Kendari bersama instansi teknis terkait, yaitu Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dan BKIPM. Sedangkan pengusaha pemilik ikan hias ini adalah CV Nurafia Marine Fish. 

"Diharapkan kegiatan ekspor komoditi perikanan semakin meningkat seiring dengan meningkatnya sinergitas pemerintah dalam mendorong ekspor hasil perikanan," kata Kepala BKIPM Kendari, Amdhali Adhitama.

Selain ikan hias, komoditi lain yang bakal diekspor dari Sultra adalah konsumsi hasil laut seperti lobster hidup dan kepiting bakau. BKIPM Kendari, bersama instansi terkait yang tergabung dalam Klinik Ekspor, bakal mengoptimalkan kesempatan tersebut agar meningkatkan nilai ekspor Sultra. 

"Untuk pertama kali pengusaha Sultra melakukan ekspor komoditas ikan hias air laut ke Brunei Darussalam. Kita terus mendorong para pengusaha untuk melakukan ekspor langsung dari Kendari," ujarnya.

Editor : Erwin C Sihombing

Bagikan Artikel: