Perjuangan Siswa SD di Lebak Belajar Online, Naik Turun Bukit demi Dapat Sinyal

Iskandar Nasution ยท Selasa, 21 Juli 2020 - 18:04 WIB
Perjuangan Siswa SD di Lebak Belajar Online, Naik Turun Bukit demi Dapat Sinyal
Sejumlah siswi SD Intan Jaya, Lebak, Banten harus belajar online di tengah hutan untuk mendapatkan sinyal internet. (Foto: iNews/Iskandar nasution)

LEBAK, iNews.id – Sejumlah siswa SD Negeri I Inten Jaya, Kecamatan Cimaraga, Kabupaten Lebak, Banten terpaksa belajar online di atas bukit. Mereka pun harus rela menyusuri hutan agar bisa mencapai bukit demi mendapatkan sinyal internet.

Mereka juga dibayangi kekhawatiran diserang binatang buas maupun berbisa selama belajar di hutan. 

Seorang siswi SDN 1 Inten Jaya, Silvi Alvianti mengaku dia dan teman-temannya harus pergi menyusuri hutan sejauh 200 meter untuk mencapai bukit agar mendapatkan sinyal internet.

“Di rumah gak ada sinyal internet. Kalau di sini (bukit) sinyalnya mudah, sehingga bisa terima tugas dari guru melalui pesan WA (WhatsApp),” katanya, Selasa (21/7/2020).  

Selama belajar di tengah hutan, para siswa itu didampingi sejumlah orang tua untuk mengantisipasi jika anak mereka diserang binatang liar seperti ular dan babi hutan. Para orang tua itu bergantian menjaga anak-anak mereka agar terhindar dari serangan hewan liar tersebut.

Ketua RT 08 Intan Jaya, Sapta mengatakan, sejak pandemi Covid-19 siswa harus naik turun bukit untuk belajar online. “Ya, mereka hampir tiap hari ke bukit cari sinyal untuk belajar online,” katanya.

Para orang tua dan siswa berharap pandemi Covid-19 segera berakhir sehingga anak-anak mereka bisa kembali belajar di sekolah seperti biasa.

“Belajar seperti ini sangat beriko tinggi dari serangan hewan liar dan berbisa. Kami jug jadi tidak bisa bekerja ke sawah selama menemani anak-anak mereka belajar di hutan,” ujar Sapta.


Editor : Kastolani Marzuki