Penyelundupan 22 Anak Buaya Muara Digagalkan Petugas Bandara Pekanbaru, 7 Ekor Mati

Antara · Jumat, 02 April 2021 - 18:27:00 WIB
Penyelundupan 22 Anak Buaya Muara Digagalkan Petugas Bandara Pekanbaru, 7 Ekor Mati
22 anak buaya muara di Riau gagal diseludupkan. (Foto: Antara)

PEKANBARU, iNews.id – Upaya penyelundupan 22 ekor anak buaya muara berhasil digagalkan petugas Avsec Bandara Sutan Syarif Kasim II Pekanbaru, Riau. Saat dibongkar petugas, tujuh dari 22 anak buaya itu mati. 

"Penyelundupan itu terbongkar setelah petugas melakukan pemeriksaan melalui mesin XRay, pada Rabu (24/3/2021). Dari pemeriksaan itu petugas mendapatkan isi paket tersebut satwa jenis buaya, hewan yang dilindungi," kata Kepala Balai Besar KSDA Riau, Suharyono, Kamis (1/4/2021).

Dia menjelaskan, awalnya petugas curiga dengan isi paket tersebut sehingga mereka membukanya. Setelah dibuka, terdapat 22 ekor anak buaya muara yang dikemas dalam delapan kantong plastik.

Setelah berhasil diamankan, Avsec bersama Polhut Balai Besar KSDA Riau bersama-sama membawa barang bukti tersebut ke Pos Jaga Bandara Balai Besar KSDA Riau. Di kantor tersebut,  dilakukan serah terima hewan pada Rabu (31/3/2021).

Anak buaya muara tersebut lantas dibawa ke Klinik Transit Satwa Balai Besar KSDA Riau untuk dilakukan perawatan sementara. Selain itu, anak-anak buaya ini juga menjalani pengecekan kesehatan.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2