Advertorial

Pemkot Mataram-KPU Gelar Rapat Koordinasi Jelang Pilwalkot 9 Desember 2020

Tim iNews.id ยท Kamis, 03 Desember 2020 - 17:53:00 WIB
Pemkot Mataram-KPU Gelar Rapat Koordinasi Jelang Pilwalkot 9 Desember 2020
Asisten I Setda Kota Mataram L Martawang menghadiri rapat persiapan menjelang Pilkada Kota Mataram 9 Desember 2020, di Kota Mataram, Kamis (3/12/2020). (Foto: Pemkot Mataram)

MATARAM, iNews.idPemkot Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan KPU menggelar rapat koordinasi persiapan menjelang pemilihan wali kota (Pilwalkot) 2020. Dalam rapat tersebut, KPU memastikan sluruh persiapan teknis sudah mencapai 90 persen.

Rapat yang berlangsung di Hotel Santika, Kota Mataram, Kamis (3/12/2020) itu dihadiri sejumlah pejabat terkait di antaranya Asisten I Sekretariat Daerah (Setda) Kota Mataram L Martawang dan Ketua KPU Kota Mataram Husni Abidi.

Ketua KPU Kota Mataram Husni Abidin memastikan seluruh persiapan teknis telah mencapai 90 persen, mulai dari distribusi logistik, kesiapan keamanan, antisipasi kesehatan, serta hal-hal teknis lainnya.

“Logistik Pilkada mulai tersalurkan sejak hari ini, Kamis (3/12/2020), khususnya bahan yang bersifat antiair dan lembab. Sisanya secara bertahap seperti Alat Pelindung Diri (APD), thermo gun, dan terakhir kotak suara akan disalurkan pada hari Selasa (8/12/2020). Semua logistik yang didistribusikan akan terpusat di setiap kantor lurah se Kota Mataram,” katanya.

Adapun dari segi kesehatan, Dinas Kesehatan Kota Mataram akan menurunkan ambulans untuk mengantisipasi hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat selama proses pencoblosan, terlebih dengan situasi pandemic Covid-19. 

Selain itu, semua petugas seperti panitia, pengawas maupun saksi diharuskan melakukan rapid test sebelum hari pemilihan.

“KPU Kota Mataram juga bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama Kota Mataram untuk mengimbau seluruh warga melalui khutbah Jumat untuk turut aktif memilih dan menyukseskan Pilkada 2020,” ujar Husni Abidin. 

Menurut dia, upaya itu penting dilakukan guna meningkatkan partisipasi pemilih. Kerja sama tersebut juga untuk mendukung petugas yang akan berkeliling di seluruh wilayah Kota Mataram mulai 7-8 Desember 2020.

“Urusan teknis lainnya, KPU Kota Mataram juga mengantisipasi rekapitulasi suara barbasis online, dengan fasilitas dari PLN juga diturunkan untuk mengantisipasi aliran listrik putus karena kajadian tak terduga ditempat pemilihan,” beber Husni.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2