Ombak 4 Meter Rusak Puluhan Bangunan di Pinggir Pantai Bagedur Lebak

Iskandar Nasution ยท Kamis, 28 Mei 2020 - 18:05 WIB
Ombak 4 Meter Rusak Puluhan Bangunan di Pinggir Pantai Bagedur Lebak
Ombak besar menerjang kawasan Pantai Bagedur, Lebak, Banten. Cuaca buruk itu mengakibatkan puluhan bangunan rusak. (Foto: iNews/Iskandar Nasution)

LEBAK, iNews.idCuaca buruk menerjang wilayah pesisir pantai Desa Sukamanah, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Banten, Kamis (28/5/2020). Bencana itu mengakibatkan puluhan bangunan terdiri atas warung, rumah, dan tempat istirahat para wisatawan atau gazebo rusak dihantam ombak yang mencapai empat meter.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) lebak, Yeni Mulyani mengatakan, saat ini kondisi Pantai Bagedur sedang dilanda banjir rob yang mengakibatkan belasan rumah di pinggir pantai rusak parah.

“Ombak setinggi hingga empat meter itu datang sejak Rabu kemarin dan hingga hari ini diprediksi akan kembali terjadi,” katanya.

Terkait cuaca buruk, Yuni mengimbau seluruh warga untuk menjauh dari bibir pantai karena kondisi ombak saat ini sangat besar. "Masyarakat juga harus menunda dulu kalau mau ke pantai," ucapnya.

Banjir rob tak hanya merusak rumah dan warung di lokasi wisata, sejumlah ruas jalan juga tak luput dari genangan rob. Akibatnya, aktivitas warga pun terganggu.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebelumnya sudah mengeluarkan peringatan dini cuaca buruk dan ombak besar di Selat Sunda bagian selatan mulai 26-28 Mei.

Terkait cuaca buruk itu, BMKG mengimbau agar seluruh aktifvitas di laut ditunda termasuk kunjungan wisatawan karena sangat membahayakan keselamatan.


Editor : Kastolani Marzuki