Takut Tak Kebagian, Warga Lebak Berdesak-desakan Ambil BLT, 5 Lansia Pingsan

Iskandar Nasution ยท Kamis, 21 Mei 2020 - 15:35 WIB
Takut Tak Kebagian, Warga Lebak Berdesak-desakan Ambil BLT, 5 Lansia Pingsan
Ratusan warga sesaki pencairan BLT di Kantor Pos Jalan Cihampelas, Kota Bandung. Kamis (21/5/2020) (Foto: iNews/Billy)

LEBAK, iNews.id – Pencairan dana bantuan langsung tunai (BLT) di Kabupaten Lebak diwarnai kericuhan akibat warga saling dorong dan memaksa masuk ke dalam gedung, Kamis (21/5/2020). Mereka tidak mau antre dan memilih berdesakan di pintu masuk karena khawatir tidak kebagian uang BLT sebesar Rp600.000 sebagai konpensasi terdampak Covid-19.

Pantauan di lokasi, warga penerima BLT didominasi emak-emak ini memaksa masuk gedung tempat pengambilan dana bantuan. Meski sudah dijaga petugas, mereka tetap merangsek.

Jalur antrean yang dibuat petugas pun seolah percuma karena warga mengabaikannya dan justru memilih berdesakan di depan pintu masuk.

Akibat saling berdesakan, lima orang lanjut usia pingsan dan harus menunggu di luar gedung. Dengan dibantu warga, para lansia ini akhirnya mendapatkan dana bantuan sosial untuk membeli keperluan sehari-hari.

Warga penerima BLT, Lestari mengaku kesal karena sudah dating sejak pukul 06.00 WIB namun belum bisa masuk ke dalam gedung.

“Saya sudah datang jam 6 pagi tidak boleh masuk, sementara ada warga yang baru datang bisa langsung dilayani petugas kantor pos,” katanya.

Kondisi itu dialami warga lainnya. Mereka pun akhirnya rela berdesakan karena ingin mendapatkan uang dari kementrian sosial sebesar Rp600.000.

“Saya juga dari pagi-pagi jam 6, tapi sampai sekarang belum dilayani juga,” ucap warga lainnya, Yuyun.


Editor : Kastolani Marzuki