Masa Pengunjuk Rasa Tolak TKA China di Konawe Kembali Bentrok dengan Polisi

Febriyono Tamenk · Selasa, 30 Juni 2020 - 19:03 WIB
Masa Pengunjuk Rasa Tolak TKA China di Konawe Kembali Bentrok dengan Polisi
Massa pengunjukrasa tolak kedatangan TKA China bentrok dengan polisi di Kendari. (Foto: iNews/Febriyono Tamenk)

KONAWE SELATAN, iNews.id - Unjuk rasa menolak kedatangan ratusan tenaga kerja asing (TKA) China gelombang kedua di Simpang Tiga Bandara Haluoleo Kendari, Konawe Selatan berujung bentrok, Selasa (30/6/2020).Bentrokan terjadi karena massa dari aliansi mahasiswa yang nekat memaksa masuk ke Bandara Haluoleo diadang petugas.

Akibat pengadangan itu, aksi saling dorong hingga adu jotos pun tak dapat terhindarkan. Hingga malam ini, massa dari gabungan mahasiswa se-Sulawesi Tenggara masih bertahan di lokasi menunggu kedatangan TKA China gelombang kedua yang dijadwalkan tiba malam ini.

Koordinator aksi, Aswan mengatakan, sikap Gubernur Sultra Ali Mazi yang tetap mengizinkan ratusan TKA China masuk ke wilayah Sulawesi Tenggara tidak memihak masyarakat lokal.

“Kita menolak kedatangan kembali TKA China di Sultra. Banyak masyarakat kita yang kena PHK, tapi malah mendatangkan TKA,” katanya.

Hingga malam ini, massa masih bertahan dan berkeras akan masuk ke bandara untuk menghalau TKA China. Sementara itu, ratusan aparat gabungan TNI-Polri tampak memperketat penjagaan di sekitar Bandara Haluoleo  jelang kedatangan ratusan TKA China.


Editor : Kastolani Marzuki