Korupsi Dana Desa Rp696 Juta, Kades dan 2 Staf Dijebloskan ke Penjara

Sefnat Besie · Selasa, 30 Maret 2021 - 06:18:00 WIB
Korupsi Dana Desa Rp696 Juta, Kades dan 2 Staf Dijebloskan ke Penjara
Kejari TTS saat ekspose kasus tindak pidana korupsi dana Desa Taebone, Kecamatan Fatukopa. (Foto: iNews/Sefnat Besie)

SOE, iNews.id - Kejaksaan Negeri (Kejari) Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT) menahan tiga tersangka kasus tindak pidana dugaan korupsi dana desa di Taebone, Kecamatan Fatukopa, Senin (29/3/2021). Ketiganya dijebloskan ke penjara Polres TTS sebagai tahanan titipan. 

Kepala Kejari TTS Andarias D’Ornay mengatakan, setelah penyelidikan, penyidik menetapkan tiga tersangka yaitu Kepala Desa Andarias Atiupbesi, Bendahara Aplonia Nabuasa dan mantan Sekretaris Yusuf Manu.

"Ketiganya merupakan orang yang paling bertanggung jawab dalam pengelolaan dana desa tahun anggaran 2017 sampai dengan tahun anggaran 2019," ujar Andarias, Senin (29/3/2021).

Mereka ditahan berdasarkan peran masing-masing dalam penggunaan dana desa sejak tahun 2017-2019 untuk beberapa pekerjaan fisik. Bahkan ada pekerjaan fiktif yang dilakukan ketiga tersangka mengakibatkan kerugian negara dalam kasus tersebut mencapai Rp696 juta.

"Dengan demikian akibat perbuatan para tersangka yang merugikan negara maka para tersangka resmi kami tahan. Ketiganya kami titipkan di Polres TTS untuk dua puluh hari ke depan," ucapnya.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2