Kepala Basarnas Serahkan Kapal Cepat untuk SAR Banten

Iskandar Nasution · Selasa, 15 Juni 2021 - 09:13:00 WIB
Kepala Basarnas Serahkan Kapal Cepat untuk SAR Banten
Kepala Basarnas Marsekal Muda TNI Henri Alfiandi meluncurkan kapal cepat KN Tetuka untuk SAR Banten di Dermaga Pelabuhan Indah Kita Merak, Cilegon, Banten, Senin (14/6/2021). Foto: iNews.id/Iskandar Nasution

CILEGON, iNews.id - Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNNP) atau Basarnas, Marsekal Muda TNI Henri Alfiandi, menyerahkan satu unit kapal cepat KN Tetuka dengan nomor lambung 247 untuk bantuan SAR di wilayah Banten. Kapal seharga Rp50 miliar ini dirancang oleh perusahaan kapal di Batam.

Henri menyebutkan, KN Tetuka dibutuhkan untuk Basarnas Banten mengingat wilayah tersebut merupakan daerah penyeberangan dan rawan terjadi bencana. KN Tetuka dilengkapi sonar dan berkecepatan 29 knot.

"Selain untuk SAR kapal ini juga bisa memadamkan api jika terjadi musibah kebakaran di kapal," kata Kepala Basarnas, saat meluncurkan KN Tetuka, di Dermaga Pelabuhan Indah Kita Merak, Cilegon, Banten, Senin (14/6/2021).

Kapal dengan panjang 42 meter tersebut diproduksi oleh perusahaan perkapalan di Batam tahun 2020 dan akan memperkuat fasilitas pencarian di wilayah perairan Banten. KN Tetuka memiliki sonar bawah laut yang dapat menjangkau kedalaman 300 meter untuk mendukung aktivitas pencarian.

"Peralatannya terkini dan sudah digitalisasi. Memudahkan kita untuk mencari dan menemukan korban musibah," ujarnya.

Menurutnya, pengadaan kapal tipe medium ini sudah direncanakan oleh Basarnas untuk wilayah Banten. Dengan adanya bantuan ini, diharapkan Basarnas Banten bisa menambah semangat petugas SAR.

"Mudah-mudahan dengan disiapkannya alat ini kita semakin siap dan konfiden," tuturnya.

Editor : Erwin C Sihombing