Kecelakaan Maut Truk Kontainer Tabrak 20 Kendaraan di Balikpapan, Sopir Akui Rem Blong

Puteranegara Batubara · Jumat, 21 Januari 2022 - 11:33:00 WIB
Kecelakaan Maut Truk Kontainer Tabrak 20 Kendaraan di Balikpapan, Sopir Akui Rem Blong
Kecelakaan maut di Balikpapan, Kaltim. Truk kontainer menabrak 6 mobil dan 14 motor saat berhenti di lampu merah. (Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Sopir truk kontainer yang mengakibatkan kecelakaan maut di Muara Rapak, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) mengakui kendaraannya mengalami rem blong. Dia mengaku sempat mengurangi kecepatan dengan menurunkan persneling dari gigi empat ke tiga namun rem tidak berfungsi.

Identitas sopir truk kontainer bernama Muhammad Ali (48) warga Jalan Tanjungpura, Kelurahan Telaga Sari, Kecamatan Balikpapan Kota. Saat kejadian, dia mengemudikan truk tronton berpelat nomor KT 8534 AJ.

"Keterangan sopir truk tronton pompa angin rem tidak berfungsi sehingga menyebabkan terjadinya rem blong," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada awak media di Jakarta, Jumat (21/1/2022).

Untuk lebih memastikan penyebab kecelakaan maut itu, Dedi menyebut Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri dikerahkan ke lokasi kejadian.

"Mabes Polri akan turunkan tim TAA (traffic accident analisis) Korlantas Polri ke TKP," katanya.

Menurutnya, tim itu nantinya akan memastikan penyebab utama dari terjadinya peristiwa kecelakaan yang mengakibatkan lima orang tewas dan 14 lainnya luka-luka.

"Tim ini untuk back-up proses pembuktian secara ilmiah penyebab kecelakaan menonjol tersebut yang mengakibatkan saat ini 5 orang meninggal dunia dan 14 orang luka-luka," ucapnya.

Pasca-kecelakaan maut, polisi saat ini melakukan evakuasi terhadap para korban, berkoordinasi dengan BNPB dan dinas terkait. Kemudian evakuasi kendaraan, olah tempat kejadian perkara (TKP) dan pendataan korban di rumah sakit.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: