Kebakaran Hutan Lindung di Gunung Ile Lewotolok Sulit Dipadamkan, Ini Penyebabnya 

Joni Nura · Rabu, 28 Juli 2021 - 22:44:00 WIB
Kebakaran Hutan Lindung di Gunung Ile Lewotolok Sulit Dipadamkan, Ini Penyebabnya 
Erupsi Gunung Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, NTT yang membakar vegetasi hutan di sekitarnya, Rabu (28/7/2021). (Foto: iNews/Joni Nura)

LEMBATA, iNews.id - Kebakaran hutan lindung di kawasan Gunung Ile Lewotolok, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) hingga malam ini belum bisa dipadamkan, Rabu (28/7/2021). Kebakaran terjadi akibat semburan lava pijar

Kepala Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Lembata, Linus Lawe mengatakan, area hutang lindung Ile Lewotolok masuk dalam radius 3 Km sehingga menyulitkan petugas memadamkan api. Selain itu, dilarang beraktivitas apa pun di wilayah radius 3 km.

“Upaya kami baru sebatas koordinasi dengan Polres, BPBD, Pemerintah desa dan dan Pemerintah kecamatan Ile Ape dan Ile Ape Timur karena belum bisa diserang atau dilakukan pemadaman”, ujarnya.

Menurut Linus, alasan utama belum dilakukan pemadaman karena beberapa titik yang sedang menagalami kebakaran, masuk dalam radius yang tidak diperkenankan PPGA Ile Lewotolok.

Kondisi angin kencang dan panasnya matahari,juga menjadi kendala lain untuk mengambil langkah lebih lanjut karena tergantung pada kondisi lapangan.

“Selain kooordinasi dan pemantauan, upaya lain yang akan kami lakukan adalah dengan calling keliling untuk mengingatkan warga tetap waspada. Yang paling dekat itu Desa Jontona dan Todanara untuk Kecamatan Ile Ape Timur, sementara di Kecamatan Ile Ape itu dari Muruona sampai ke Desa Petuntawa. Sedangkan titik yang paling dekat itu mengarah ke Desa Kolontobo,” katanya.

Saat ini, terdapat dua tim dari KPH Lembata yang sedang memantau kebakaran hutan lindung Ile Lewotolok.  

Editor : Kastolani Marzuki