Kapal Cepat Bawa 15 Wisatawan Terbakar di Pulau Padar

Antara ยท Rabu, 08 Agustus 2018 - 12:38 WIB
Kapal Cepat Bawa 15 Wisatawan Terbakar di Pulau Padar
Bangkai KM Molise GT 06 yang terbakar di dekat Pulau Padar saat tur wisata laut. (Foto: Puspen TNI)

KUPANG, iNews.id – Kapal wisata jenis perahu cepat Molise milik perusahaan jasa angkutan wisata Alba Cruise terbakar di perairan Pulau Padar di kawasan Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (7/8/2018). Saat kejadian tersebut, kapal sedang mengangkut 15 wisatawan menuju lokasi wisata tersebut.

Manager Alba Cruise Robert Waka mengatakan, percikan api yang menyebabkan kebakaran kapal bermula dari bagian mesin. Diduga api dari mesin merambat ke bagian depan. Kondisi angin kencang memicu kobaran api dengan cepat menghanguskan kapal nahas tersebut.

“15 wisatawan yang menjadi penumpang di kapal termasuk sejumlah anak buah kapal (ABK) kami evakuasi selamat ke Labuan Bajo,” kata Robert.

Dia memperkirakan kerugian akibat terbakarnya kapal wisata Molise mencapai Rp1,5 miliar hingga Rp2 miliar. Kerugian itu dihitung selain karena kapal wisata yang terbakar tetapi juga kerugian lain.

“Kerugian yang pertama karena memang kapal wisata Molise terbakar saat mengantar wisatawan ke Pulau Padar tetapi ada kerugian lain sehingga kalau ditotalkan menjadi Rp1,5 miliar hingga Rp2 miliar," ujarnya, Rabu (8/8/2018).

Dia mengungkapkan, kejadian kapal terbakar saat masuk kawasan Pulau Padar yang jaraknya kurang lebih 400 meter dari dermaga. Bangkai kapal yang terbakar saat ini masih berada di pinggir pantai yang jauh dari dermaga umum. Untuk penanganan lebih lanjut musibah ini akan diserahkan kepada pihak Polres Manggarai Barat.


Editor : Donald Karouw