iNews TV Siarkan Debat Terbuka Pasangan Cagub-Cawagub Sulawesi Tengah

Tim iNews · Jumat, 30 Oktober 2020 - 15:52:00 WIB
iNews TV Siarkan Debat Terbuka Pasangan Cagub-Cawagub Sulawesi Tengah
Stasiun iNews TV akan menyiarkan langsung debat terbuka Calon Gubernur-Wakil Gubernur Sulteng, Sabtu (31/10/2020) malam. (Foto: iNews)

Sebanyak tujuh  pakar mendapat kepercayaan menjadi Panelis, membuat pertanyaan dalam debat nanti. Mereka adalah Ketua MUI Kota Palu Prof Zainal Abidin, Guru Besar Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Jurusan Teknik Arsitektur, Fakultas Teknik Arsitektur Fakultas Teknik , Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah) Prof Amar Akbar Ali, dan Ketua Bagian Hukum Administrasi Negara, Universitas Tadulako, Sulawesi Tengah, Dr Surahman.

Selanjutnya Dr Eko Jokolelono (Dosen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah); Dr. Ir. Rostiati Daeng Rahmatu (Dosen Fakultas Pertanian Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah); Dr. Ir. H. Akhbar Zain (Dosen Geodesi Kartografi, Program Studi Ilmu Kehutanan, Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah); dan Dr. H. Slamet Riadi Cante, SH (Dosen Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tadulako, Palu, Sulteng). 

Debat dibagi menjadi enam segmen. Segmen pertama, kedua paslon akan menyampaikan visi dan misi masing-masing bila terpilih memimpin Sulawesi Tengah. Segmen kedua masuk dalam sesi  penajaman materi, paslon akan menjawab pertanyaan yang disiapkan tim pakar.

Sesuai hasil pengundian yang diikuti timses kedua paslon pada Selasa (27/10/2020), paslon nomor urut kedua mendapat kesempatan pertama memilih amplop berisi pertanyaan. 

Pada segmen ketiga, paslon akan memberikan jawaban setelah melihat persoalan yang tergambar pada poto yang diperlihatkan. Pada segmen keempat, para calon gubernur diberi kesempatan untuk saling melempar pertanyaan.

Pada segmen kelima, giliran calon Wakil Gubernur mendapat kesempatan saling melemparkan pertanyaan. Di segmen enam, masing-masing paslon diberi kesempatan untuk menyampaikan pesan-pesan penutup. 

Debat terbuka diramaikan juga oleh kehadiran Mahalini. Bintang jebolan Indonesian Idol ini akan melantunkan beberapa lagu. 

Editor : Kastolani Marzuki