Gunung Ile Lewotolok Erupsi lagi Tadi Pagi, Letusan Disertai Gemuruh Sedang

Agus Warsudi · Jumat, 16 September 2022 - 06:30:00 WIB
Gunung Ile Lewotolok Erupsi lagi Tadi Pagi, Letusan Disertai Gemuruh Sedang
Kondisi Gunung Ile Lewotolok seusai erupsi tadi subuh sekitar pukul 05.37 WITA. (FOTO: PVMBG Badan Geologi)

BANDUNG, iNews.id - Terjadi erupsi Gunung Ile Lewotolok, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Jumat (16/9/2022) subuh pukul 05:37 WITA. Namun tinggi kolom abu tidak teramati. 

"Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 32 mm dan durasi kurang lebih 40 detik yang disertai dengan gemuruh sedang," kata Kepala Badan Geologi Eko Budi Lelono dalam siaran pers Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Jumat (16/9/2022).

Saat ini, ujar Eko Budi Lelono, Gunung Ile Lewotolok berada pada Status Level III (Siaga) dengan tujuh rekomendasi. Pertama, berdasarkan hasil analisis dan evaluasi secara menyeluruh maka hingga 14 September 2022 tingkat aktivitas Gunungapi Ile Lewotolok tetap berada pada Level III atau Siaga dengan rekomendasi yang disesuaikan dengan potensi ancaman bahaya terkini. 

Kedua, dalam tingkat aktivitas Level III (Siaga), direkomendasikan agar Masyarakat di sekitar Gunung Ile Lewotolok maupun pengunjung, pendaki, atau wisatawan tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 km dari puncak atau kawah. 

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: