Gunung Ile Ape Erupsi, Penerbangan Pesawat Rute Kupang-Lewoleba Dihentikan

Antara · Senin, 30 November 2020 - 17:40:00 WIB
Gunung Ile Ape Erupsi, Penerbangan Pesawat Rute Kupang-Lewoleba Dihentikan
Maskapai Penerbangan Wings Air melintas di run way saat baru tiba di Bandara El Tari Kupang, NTT, Senin (30/11/2020). (Foto: Antara)

KUPANG, iNews.id - Erupsi Gunung Ile Ape atau Gunung Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Minggu (29/11/2020), berdampak pada penerbangan. Maskapai Penerbangan Wings Air terpaksa membatalkan rute penerbangan dari Kupang-Lewoleba.

Pelaksana Teknis PT Angkasa Pura (AP) I Bandara El Tari Kupang Vabianus K mengatakan, seharusnya pesawat milik maskapai penerbangan Lion Grup itu terbang perdana ke Lewoleba pada Senin (30/11/2020) pagi. Namun, erupsi dari Gunung Ile Ape membuat mereka terpaksa membatalkannya.

"Laporan dari bandara di Lewoleba, erupsi gunung api semakin parah. Dengan alasan keselamatan, terpaksa dibatalkan penerbangan perdana pada hari ini. Bandara tersebut juga tutup untuk sementara waktu," katanya.

Vabianus mengatakan, dampak dari abu vulkanis dan kerikil yang keluar dari kawah gunung itu sangat berbahaya bagi mesin pesawat yang menuju ke Lewoleba. Selain itu, tentu saja membahayakan keselamatan banyak orang.

Dia mengaku belum mengetahui sampai kapan penutupan sementara rute itu. Pihaknya juga masih menunggu informasi dari Lewoleba soal hal tersebut dan informasi terbaru mengenai situasi terkini dari gunung itu.

"Untuk bisa mendarat di bandara di sana, pesawat harus melintas di atas gunung tersebut sehingga sangat berbahaya jika dipaksakan," ujarnya.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: