Gelombang Setinggi 6 Meter Intai Perairan Bengkulu, BMKG Ingatkan Nelayan Tak Melaut

Antara ยท Selasa, 28 Juli 2020 - 14:11 WIB
Gelombang Setinggi 6 Meter Intai Perairan Bengkulu, BMKG Ingatkan Nelayan Tak Melaut
Gelombang tinggi di perairan Bengkulu. (Foto: Antara)

BENGKULU, iNews.id - Gelombang tinggi hingga 6 meter terjadi hampir di seluruh perairan Bengkulu sejak sepekan terakhir. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu mengingatkan nelayan setempat untuk tidak melaut sementara waktu.

Kepala BMKG Bengkulu Klaus Damanik Apoh mengatakan, para nelayan diminta untuk terus memonitor perkembangan cuaca dari BMKG supaya bisa mengambil langkah antisipasi. "Kalau bisa ya jangan dulu melaut untuk sementara waktu ini sampai ada informasi lebih lanjut," kata Klaus Damanik Apoh, Selasa (28/7/2020).

Berdasarkan pantauan citra radar cuaca, gelombang tinggi masih akan terjadi terjadi hingga tiga hari ke depan untuk wilayah perairan Bengkulu dan sekitarnya.

Saat ini, ketinggian gelombang di perairan Bengkulu mencapai 5 meter dan ketinggian 6 meter di perairan Enggano hingga perairan Samudera Hindia sebelah barat Bengkulu.

"Ini perlu diwaspadai untuk masyarakat yang beraktivitas di laut seperti nelayan. Normalnya gelombang itu satu sampai 2 meter," ucapnya.

Menurut dia, gelombang tinggi itu dipengaruhi kencangnya angin monsun atau angin timur dari Australia yang biasa terjadi saat musim kemarau seperti saat ini. Kondisi tersebut akan berlangsung hingga pergantian ke musim hujan pada September hingga Desember mendatang.

"Selama musim angin monsun Australia ini terjadi ya, tetap akan ada terus peringatan dini gelombang tinggi. Intinya sampai selesai musim kemarau," kata Klaus.


Editor : Maria Christina