Geger, Pekerja Temukan Kerangka Manusia di Drainase Jalan Soekarno-Hatta Labuan Bajo

Yoseph Mario Antognoni ยท Sabtu, 04 Juli 2020 - 17:30 WIB
Geger, Pekerja Temukan Kerangka Manusia di Drainase Jalan Soekarno-Hatta Labuan Bajo
Petugas dari Polres Manggarai Barat memeriksa kerangka manusia yang ditemukan di proyek pelebaran Jalan Soekarno Hatta, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Sabtu (4/7/2020). (Foto: iNews/Yoseph Mario Antognoni)

LABUAN BAJO, iNews.id – Warga Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), digegerkan dengan penemuan kerangka manusia di kawasan Marina Bay, Sabtu (4/7/2020). Hingga kini, polisi masih menyelidiki kasus tersebut.

Kerangka manusia tersebut ditemukan saat salah seorang pekerja sedang menggali sebuah selokan untuk pekerjaan pelebaran jalan di area tersebut. Tulang-belulang manusia itu ditemukan tepat di tempat pemasangan gorong-gorong drainase Jalan Soekarno Hatta, Labuan Bajo.

Sesuai adat budaya setempat, pekerja kemudian menggelar ritual di tempat penemuan kerangka sambil menunggu kedatangan petugas kepolisian.

Pekerja yang menemukan kerangka manusia, Konstantinus Jebarus mengatakan, awalnya dia hanya menemukan beberapa tulang yang diduga tulang-belulang manusia. Namun, dia kembali menemukan bagian gigi manusia yang masih utuh dengan sebagian tengkorak bagian wajah. Selanjutnya dia kembali menemukan tulang-belulang lainnya.

“Awalnya saya menemukan tulang-tulang, saya duga tulang manusia. Setelah ketemu bagian giginya, saya yakin itu tulang-belulang manusia. Saya telusuri lagi, saya dapat tulang-tulang yang lain. Kondisinya sebagian dalam peti,” kata Konstantinus Jebararus.

Aparat kepolisian yang mendapat laporan dari pekerja langsung ke tempat kejadian perkara (TKP). Polisi mengumpulkan kerangka di lokasi proyek pelebaran jaan dan trotoar Jalan Soekarno Hatta Labuan Bajo ini, untuk penyelidikan terkait identitas dan penyebab kematian.

“Kami dapat laporan dari pekerja mengenai penemuan tulang-tulang diduga manusia. Saya langsung kerahkan anggota ke TKP. Saat ini, masih dalam penyelidikan, termasuk penyebab kematiannya,” kata Kapolres Manggarai Barat Handoyo Santoso.

Sementara Lurah Labuan Bajo Sarifudin Malik mengatakan, informasi yang dia peroleh dari warga setempat, kerangka manusia yang ditemukan itu sudah berusia puluhan tahun. Diduga, kerangka itu pekerja kapal yang meninggal sekitar tahun 50-an lalu.

“Berdasarkan cerita pengakuan warga, ini mayatnya orang pendatang, orang kapal dan jatuh. Mayatnya dikuburkan di sini, di pinggir pantai. Menurut beliau, dikuburkan tahun 50-an laku,” katanya.


Editor : Maria Christina