Gawat, Pencurian Buku Nikah di Bungo Libatkan Ketua RT dan Imam Masjid 

Azhari Sultan · Minggu, 14 November 2021 - 12:38:00 WIB
Gawat, Pencurian Buku Nikah di Bungo Libatkan Ketua RT dan Imam Masjid 
Kapolres Bungo, AKBP Guntur Saputra saat jumpa pers kasus pencurian buku nikah (Azhari Sultan/MNC Portal)

JAMBI, iNews.id - Tim Petir Reskrim Polres Bungo membongkar sindikat pencurian ribuan buku nikah di Kantor Kementerian Agama, Kabupaten Bungo, Jambi. Ironisnya, di antara empat pelaku terdapat oknum ketua RT dan imam masjid.

Kapolres Bungo, AKBP Guntur Saputra mengatakan, awalnya tim Petir Reskrim Polres Bungo berhasil mengamankan pelaku Agam (37).

"Pelaku Agam ini yang menjadi eksekutor pencurian ribuan buku nikah di Kantor Kemenag Bungo," kata Guntur, Minggu (14/11/2021)

Guntur menambahkan, dia ditangkap pada Jumat (12/11/2021) di Kecamatan Padang Barat, Kota Padang Sumatera Barat lalu. Dari hasil pengembangan, ketiga pelaku lainnya diketahui sebagai penadah buku nikah hasil curian.

Ketiganya bernama Hendrizal (36) warga Kelurahan Sri Meranti, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru, Riau. Selanjutnya, Yurnalis (66) warga Bangkinang, Kelurahan Rimbo Panjang, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Riau.

Satunya lagi, Bachtiar (68) warga Desa Rawang, Kecamatan Padang Selatan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar. Mereka ini diringkus di Pesisir Sumatera Barat dan di Riau.

"Mereka ini termasuk sindikat pencuri buku nikah. Soalnya, aksi mereka ini sudah berkali-kali dilakukan. Ada 7 kali. Jadi, para pelaku ini juga sudah biasa mencuri buku nikah dengan sasaran kantor Kemenag dan KUA yang ada di Sumatera," tegas Guntur.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: