4 Pesawat F-16 Meluncur Amankan Laut Natuna

Yusuf Marpaung ยท Selasa, 07 Januari 2020 - 14:02 WIB
4 Pesawat F-16 Meluncur Amankan Laut Natuna
Persiapan pesawat F-16 yang akan diterbangkan ke Natuna (Foto: iNews.id/Muhammad Yusuf Marpaung)

PEKANBARU, iNews.id - Pangkalan TNI Angkatan Udara Roesmin Nurjadin, Pekanbaru , Riau, mengerahkan empat pesawat F-16, enam penerbang dan 60 personel TNI untuk melakukan operasi lintas elang untuk mengamanan Laut Natuna.

Menurut komandan Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, operasi yang diberi sandi lintas elang 20 ini atas perintah Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Hingga saat ini, kapal China yang masuk ke kawasan Indonesia belum juga hengkang.

BACA JUGA: Tambah 3 Kapal Perang di Natuna, TNI Intensifkan Patroli 24 Jam

"Kami diberikan perintah untuk melaksanakan operasi lintas elang 20. Ini sebenarnya operasi rutin, kami wilayahnya barat. Untuk kali ini kami bertempat di Natuna. Operasi lintas elang 20 ini pada dasarnya adalah pengamanan wilayah kedaulatan NKRI," ujar Ronny, Selasa (7/1/2020).

Untuk berapa lama pesawat F-16 ini disiagakan di Natuna, Ronny masih menungu perintah dari panglima TNI selanjutnya.

BACA JUGA: Siaga Tempur, TNI Kerahkan 3 KRI di Laut Natuna

"Sesuai perintah pimpinan, persawat ini akan bergeser ke Natuna disiapkan di pangkalan AU Natuna. Untuk berapa lamanya menunggu perintah pimpinan," katanya.

Ronny menambahkan, seluruh personel agar melaksanakan tugas patroli lintas elang 20 sesuai SOP dan tidak melakukan provokasi.


Editor : Nani Suherni