Tolak Klaim China, Warga: Kita Merdeka, Natuna sudah Indonesia

Antara ยท Senin, 06 Januari 2020 - 13:29:00 WIB
Tolak Klaim China, Warga: Kita Merdeka, Natuna sudah Indonesia
Aksi pemuda saat menyampaikan sikap terkait polemik Laut Natuna Utara, Sabtu (4/1/2020). (Foto: Antara/Cherman)

BATAM, iNews.id - Warga Kabupaten Natuna Kepulauan Riau menolak klaim China atas perairan Laut Natuna Utara dan menyatakan Natuna adalah bagian dari NKRI.

"(Pengakuan China) itu hanya klaim opini saja, tidak pernah dinyatakan dengan jelas. Itu opini dia untuk generasi ke depan," kata Rodial Huda, tokoh masyarakat Natuna, Senin (6/1/2020).

Dia meminta, klaim sepihak itu juga dilawan dengan opini dari Indonesia, di antaranya dengan berhenti menyebut Natuna berada di Laut China Selatan. Melainkan menggunakan tata bahasa Melayu yakni, Natuna berada di sebelah selatan Laut China. Tidak ada dalam sejarah China menguasai Natuna.

"Banyak versi Natuna masuk Indonesia. Yang jelas, ketika kita merdeka, Natuna sudah Indonesia," ujar Rodial.

BACA JUGA: Lima KRI Amankan Perairan Natuna, Seluruh Kapal Asal China Diusir

Rodial menceritakan, dalam sejarah di Semenanjung Malaka, pembagian wilayah berdasarkan daerah jajahan. Yang mana jajahan Inggris dan Hindia Belanda.

Awalnya, Kepri (termasuk Natuna) dan Bengkulu masuk wilayah jajaran Inggris. Namun, disepakati Traktat London 1824, Kepri dan Bengkulu ditukar dengan Singapura.

"Ketika Indonesia, Natuna sudah masuk Indonesia, masyarakat tidak mempermasalahkan," ujarnya.

BACA JUGA: Kapal Perang Berjaga, TNI Minta Nelayan Natuna Tak Cemas

Ketua DPD KNPI Kabupaten Natuna, Haryadi menegaskan pemuda Natuna tetap setia terhadap NKRI. Mereka mendukung penuh Pemerintah Republik Indonesia menjaga kedaulatan maritim di laut Natuna Utara. Warga mengecam pencurian ikan atau illegal fishing di Laut Natuna Utara dan NKRI harga mati.

"Intinya kita mendukung sikap pemerintah dan TNI untuk menindak tegas bagi siapapun yang mengganggu kedaulatan NKRI di laut Natuna," kata Haryadi.

Editor : Nani Suherni