Dua Pelaku Pemalsuan Surat Rapid Test di Batam Ditetapkan Tersangka

Dicky Sigit Rakasiwi · Senin, 21 Desember 2020 - 15:14:00 WIB
Dua Pelaku Pemalsuan Surat Rapid Test di Batam Ditetapkan Tersangka
Kapolsek KKB AKP Nidya Astuty didampingi Wakasat Reskrim Polresta Barelang AKP Juwita Oktaviani pada konferensi pers Senin (21/12/20). (Foto: iNews/Dicky Sigit Sakasiwi)

BATAM, iNews.id - Polsek Kawasan Bandara (KKB) Hang Nadim, Batam menetapkan dua orang tersangka kasus pemalsuan dokumen rapid test Covid-19.  Sebelumnya, penemuan empat surat rapid test palsu dari satu keluarga ini membuat heboh Bandara Hang Nadim Batam pada Sabtu (19/12/20). 

Penetapan tersangka disampaikan langsung Kapolsek KKB AKP Nidya Astuty didampingi Wakasat Reskrim Polresta Barelang AKP Juwita Oktaviani pada konferensi pers Senin (21/12/20).

"Jadi kami berhasil mengamankan 2 pelaku tindak pidana pengungkapan tindak pidana pemalsuan Dokumen yakni surat rapid test WG (28) dan DP (27)," ujarnya.

Nidya menceritakan, kasus ini berawal pada saat pelapor mendapat informasi dari saksi dari C yang merupakan dokter Bandara Hang Nadim Kota Batam yang mengatakan ada empat orang penumpang pesawat dengan rute Batam - Medan. Keempat orang yang masih dalam satu keluarga ini menggunakan surat dengan bentuk KOP surat lama dari RS GH.

"Kemudian pelapor langsung mendatangi Bandara Hang Nadim untuk memastikan informasi tersebut, dan setibanya di Bandara Hang Nadim pelapor menemukan  benar bahwa surat tersebut bukan dari RS GH, karena sejak September 2020 RS GH merubah format dan kop suratnya dan dokter yang tertera dalam Surat Keterangan tersebut sudah tidak bekerja lagi di RS GH sejak tanggal 25 November 2020," ucapnya.

Atas peristiwa tersebut, pelapor melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Bandara Hang Nadim. Dengan gerak cepat Unit Reskrim Bandara dibantu oleh Opsnal Unit Reskrim Polresta Barelang melakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan kedua tersangka. 

"Diketahui tersangka melakukan Tindak Pidana Pemalsuan Dokumen untuk mempercepat proses keluarnya hasil Rapid Test," katanya.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2