Dorong Industri Parekraf, Sandiaga Uno Tetapkan 21 KaTa Kreatif

Antara · Selasa, 30 November 2021 - 22:42:00 WIB
Dorong Industri Parekraf, Sandiaga Uno Tetapkan 21 KaTa Kreatif
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mendorong para pelaku ekonomi kreatif di Kota Makassar, Sulsel, khususnya fesyen, untuk terus mengembangkan dan meningkatkan potensi produk kreatif. (Foto: MNC Media)

SAMARINDA, iNews.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menetapkan 21 kabupaten/kota yang terpilih menjadi KaTa Kreatif Indonesia 2021 di Samarinda.

KaTa merupakan singkatan kabupaten dan kota Kreatif yang menjadi program kolaborasi antara Kemenparekraf dengan pemerintah daerah guna mendorong para pelaku UMKM berinovasi memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) sehingga peluang usaha dan lapangan kerja baru dapat diciptakan bagi masyarakat.

"Penetapan ini diharapkan menjadi pemacu kabupaten/kota dan yang lain untuk mengembangkan ekonomi kreatif di daerahnya masing-masing," kata Sandi di Samarinda, Selasa (30/11/2021).

Sandi juga mendorong Kota Samarinda untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan Uji Petik Penilaian Kabupaten/Kota Kreatif di tahun mendatang.

"Kita lihat Samarinda menjadi salah satu kota yang paling tinggi tingkat pertumbuhan ekonominya, melebihi tingkat pertumbuhan nasional," katanya.

Sandi meyakini pertumbuhan ekonomi kreatif diproyeksikan akan terus meningkat.

Mantan Wakil Gubernu DKI Jakarta itu juga mengajak seluruh pelaku ekonomi kreatif dalam pemulihan ekonomi untuk memaksimalkan penggunaan digitalisasi dengan Gercep, Geber dan Gaspol.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: