Hikmah

Doa Sesudah Makan Sesuai Anjuran Rasulullah SAW

Kastolani · Rabu, 25 November 2020 - 21:54:00 WIB
Doa Sesudah Makan Sesuai Anjuran Rasulullah SAW
Sebelum dan sesudah makan Muslim dianjurkan untuk berdoa memohon kebeerkahan. (Foto: Dok.iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Makan dan minum merupakan kebutuhan pokok manusia. Selain agar tubuh sehat dan kuat, makan juga sebagai sarana untuk beribadah kepada Allah. Karena itu, sebelum dan sesudah makan maupun minum dianjurkan untuk membaca doa.

Doa sesudah makan ini bertujuan agar makanan yang telah masuk ke tubuh menjadi berkah agar bisa beraktivitas dan beribadah.

Berikut doa sesudah makan:                                                                                                                                                                 

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِينَ

Alhamdulillahilladzii ath'amana wasaqoona waja'alana muslimiin.

Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makanan dan minuman dan menjadikan kami bagian dari orang-orang yang berserah diri."

Doa lain yang bisa dipanjatkan dalam versi panjang yakni:

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي يُطعِم وَلَا يَطْعَم، ومَنَّ عَلَيْنَا فَهَدَانَا، وَأَطْعَمَنَا وسَقانا وَكُلَّ بَلاء حَسَن أَبَلَانَا، الْحَمْدُ لِلَّهِ غَيْرِ مُودّع وَلَا مكافَأ وَلَا مَكْفُورٍ وَلَا مُسْتَغْنًى عَنْهُ، الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَطْعَمَنَا مِنَ الطَّعَامِ، وَسَقَانَا مِنَ الشَّرَابِ، وَكَسَانَا مِنَ الْعُرْيِ، وَهَدَانَا مِنَ الضَّلَالِ، وبَصَّرنا مِنَ العَمَى، وفَضَّلنا عَلَى كَثِيرٍ مِمَّنْ خَلَقَ تَفْضِيلًا الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Artinya: Segala puji bagi Allah Yang telah memberi makan dan tidak pernah makan, telah memberikan anugerah kepada kami hingga kami mendapat petunjuk, telah memberi kami makan dan minum, dan telah memberi kami pakaian hingga tidak telanjang, dan semua ujian baik yang Dia timpakan kepada kami. Segala puji bagi Allah dengan tidak meninggalkan Tuhanku, tidak merasa cukup, tidak ingkar, dan tidak dapat lepas dari-Nya. Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan memberi kami minum, memberi kami pakaian hingga tidak telanjang, memberi kami petunjuk dari kesesatan, memberi kami penglihatan dari kebutaan, dan mengutamakan kami di atas kebanyakan makhluk yang telah diciptakan-Nya dengan keutamaan yang sesungguhnya; segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.

Editor : Kastolani Marzuki