Hikmah

Doa Bercermin Sesuai Sunah Rasulullah Agar Dijauhkan dari Sifat Sombong

Kastolani · Rabu, 25 November 2020 - 11:30:00 WIB
Doa Bercermin Sesuai Sunah Rasulullah Agar Dijauhkan dari Sifat Sombong
Muslim dianjurkan membaca doa saat bercermin agar terhindar dari sifat sombong. (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Bercermin merupakan cara orang untuk melihat penampilan dirinya sudah pantas dilihat atau enak dipandang baik saat bepergian ataupun berada di rumah. Namun, Muslim jangan lupa untuk berdoa saat bercermin agar dijauhkan dari sifat takabur atau menyombongkan diri dengan merasa dirinya paling bagus, cantik dan paling sempurna.

Doa bercermin dibaca dengan harapan agar penampilan seseorang bisa sesuai dengan akhlak atau kepribadiannya serta dijauhkan dari sifat sombong.

Berikut doa bercermin sesuai sunah Rasulullah SAW:

اَللَّهُمَّ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِيْ فَحَسِّنْ خُلُقِيْ

latin: Allaahumma kamaa hassanta khalqii fahassin khuluqii.

Artinya, “Wahai Tuhanku, sebagaimana telah Kaubaguskan kejadianku, maka baguskanlah perangaiku,” (Lihat Sayid Utsman bin Yahya, Maslakul Akhyar, Cetakan Al-‘Aidrus, Jakarta).

Doa lain yang bisa dibaca saat bercermin yakni:

اَلْحَمْدُ ِللهِ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِىْ فَحَسِّـنْ خُلُقِىْ

latin: Alhamdulillaahi kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii
Artinya: “Segala puji bagi Allah, baguskanlah budi pekertiku sebagaimana Engkau telah membaguskan rupa wajahku”.

Doa lain ketika bercermin dan memakai pakaian atau perhiasan baru sebagaimana diriwayatkan Imam Ahmad dari Nabi SAW bersabda: Barang siapa memakai pakaian baru dan di saat memakainya hingga sampai pada tenggorokannya ia mengucapkan doa berikut,

"Segala puji bagi Allah yang telah memberi saya pakaian untuk menutupi aurat saya dan untuk memperindah penampilan dalam hidup saya," kemudian ia menuju ke pakaian bekasnya dan menyedekahkannya, maka ia berada di dalam jaminan Allah dan berada di sisi Allah serta berada di dalam pemeliharaan Allah selama hidup dan mati(nya).

Editor : Kastolani Marzuki