Didukung PEN Film Kemenparekraf, Komunitas Daerah Siap Bangkit dengan Nuansa Lokal

Jemmy Hendrik ยท Rabu, 08 Desember 2021 - 01:15:00 WIB
Didukung PEN Film Kemenparekraf, Komunitas Daerah Siap Bangkit dengan Nuansa Lokal
Suasana pembuatan film komunitas lokal di Kabupaten Sigi, Sulteng yang terbantu dengan Program PEN Film Kemenparektaf. (Foto: iNews/Jemmy Hendrik)

SIGI, iNews.id - Industri perfilman turut terdampak pada masa pandemi Covid-19. Selama hampir dua tahun terakhir, banyak proyek film yang harus tertunda dengan berbagai alasan, salah satunya masalah pendanaan

Beberapa program film lokal pun harus terhenti selama beberapa bulan selama pandemi. Ini juga yang sangat dirasakan Komunitas Seni Lobo dan Halaman Belakang Films di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Namun dengan hadirnya Program PEN Film Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), komunitas lokal kini bersiap bangkit dan berkarya.

Saat ini mereka mulai mempersiapkan produksi film bernuansa lokal yang bercerita tentang seorang Maestro. Kisah perempuan yang membuat kain dari kulit kayu di wilayah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Cerita film ini mengangkat tema bagaimana perjuangan seorang perempuan untuk mampu melestarikan budayanya di tengah era zaman Now.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: