Buaya Sudah 10 Kali Muncul di Sungai Mentaya Sampit, Warga Merasa Diteror 

Sigit Dzakwan Pamungkas · Kamis, 18 Februari 2021 - 18:31:00 WIB
Buaya Sudah 10 Kali Muncul di Sungai Mentaya Sampit, Warga Merasa Diteror 
Ilustrasi buaya muara. (Foto: Antara)

KOTAWARINGIN TIMUR, iNews.id - Warga Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah (Kalteng), merasa diteror buaya dalam dua bulan terakhir. Pasalnya, hewan reptilia itu sudah 10 kali muncul sejak Januari. 

"Sejak awal Januari hingga Februari 2021 kami menerima 10 kali laporan kemunculan buaya di Sungai Mentaya," kata Komandan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit Muriansyah, Kamis (18/2/2021). 

Buaya itu sering kali muncul di bantaran Sungai Mentaya seperti Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Mentaya Hilir Utara, Pulau Hanaut, dan Kecamatan Mentawa Baru Ketapang. 

Bahkan, sudah ada warga menjadi korban di wilayah Desa Pelangsian, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang. Beruntung korban masih selamat, meskipun tangan putus dan kaki patah. 

"Buaya itu ada yang hanya muncul di tepi sungai, ada juga yang terlihat memakan bangkai,” ujarnya.

Warga kian resah karena banyak yang memelihara ternak di tepi sungai atau di atas sungai. Ternak itu yang diduga membuat buaya sering muncul. Selain itu, sampah dibuang ke sungai juga menjadi penyebab kemunculan buaya. 

"Begitu juga dengan bangkai hewan yang dibuang ke sungai. Itu menjadi pemicu hewan tersebut berada di sekitar permukiman,” katanya.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2