Beredar Kabar Gelombang Tsunami di NTT, Begini Penjelasan BMKG

Kastolani ยท Rabu, 07 April 2021 - 19:42:00 WIB
Beredar Kabar Gelombang Tsunami di NTT, Begini Penjelasan BMKG
Ratusan rumah warga di Desa Waiburak, Kecamatan Adonara Timur, Flores Timur, NTT, hancur diterjang banjir bandang, Minggu (4/4/2021) (Foto: iNews/Joni Nura)

JAKARTA, iNews.id - Masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT) diresahkan dengan berita menyebutkan gelombang tsunami akan melanda wilayah tersebut dan sekitarnya di tengah bencana yang melanda provinsi tersebut. Namun, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geografi (BMKG) memastikan berita tersebut tidak benar.

BMKG menjelaskan, Stasiun Meteorologi Maritim Tenbau tidak pernah mengeluarkan pernyataan tersebut. "Berita tersebut tidak benar dan BMKG tidak pernah membuat berita tersebut," kata Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tenbau Moh Syaeful Hadi dalam keterangan resminya, Rabu (7/4/2021).

Syaeful mengatakan, fenomena yang terjadi, gelombang tinggi di wilayah NTT. Tinggi gelombang 1,25 meter hingga 2,5 meter berpeluang terjadi di Selat Sape bagian Selatan, Selat Sumba bagian Barat, Laut Sawu, Selat Ombai, dan Perairan Utara Kupang-Rote.

Kemudian, gelombang setinggi 2,5 meter hingga 4 meter berpeluang terjadi di Perairan Selatan Kupang-Rote dan Samudra Hindia Selatan Kupang-Rote.

Lalu, tinggi gelombang 4 meter hingga 6 meter berpeluang terjadi di Samudra Hindia Selatan Sumba-Sabu.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2