Bandara Sultan Thaha Jambi Akan Mulai Pakai GeNose C19 untuk Syarat Penerbangan

Azhari Sultan · Sabtu, 10 April 2021 - 12:59:00 WIB
Bandara Sultan Thaha Jambi Akan Mulai Pakai GeNose C19 untuk Syarat Penerbangan
Manajemen Bandara Sultan Thaha Jambi dalam persiapan untuk memakai tes GeNose C19 untuk syarat penumpang naik pesawat. (Foto: MPI/Azhari Sultan)

JAMBI, iNews.id - Bandara Sultan Thaha Jambi rencananya mengimplementasikan penggunaan GeNose C19 untuk tes Covid-19 sebagai syarat perjalanan bagi penumpang pesawat mulai Senin (12/4/2021) mendatang. Hal ini sesuai dengan surat dari Direktur Keamanan Penerbangan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan RI nomor AU.210/2/25/DJPU.DKP.2021 tanggal 9 April 2021. 

Executive General Manager Bandara Sultan Thaha Indra Gunawan mengatakan, akan dilakukan uji coba dan familiarisasi GeNose C19 khusus staf dan komunitas pada Minggu (11/4/2021) besok. uji coba ini untuk memastikan kesiapan tiga aspek sebelum GeNose C19 diimplementasikan.

“Aspek yang harus dipastikan siap pertama terkait people, berapa jumlah personel yang dibutuhkan dan keahlian apa yang harus dimiliki. Lalu kedua, terkait process, yakni kami harus memiliki SOP dan peta peran dari setiap stakeholder," ujarnya, Sabtu (10/4/2021). 

Kemudian aspek ketiga terkait facilities, di mana harus ada sarana, prasarana yang mendukung safety dan security dalam implementasi GeNose C19.

Dia menambahkan, AP II bersama Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Jambi akan memastikan hasil tes dari GeNose C19 dapat terintegrasi dengan aplikasi eHAC. 

“eHAC yang dimiliki Kementerian Kesehatan saat ini digunakan sebagai pengawasan pelaku perjalanan baik di rute domestik dan internasional, sehingga AP II dan KKP Kemenkes akan memastikan hasil dari GeNose C19 ini juga bisa diinput secara digital ke aplikasi eHAC, sebagaimana juga hasil rapid test dan PCR test yang bisa diinput aplikasi tersebut,” katanya.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2