Seorang warga Desa Pantai Raja, Kecamatan Perhentian Raja, Kabupaten Kampar, Riau bernama Dedi Syahputra (30) tewas ditembak ninja sawit. (Foto: Banda Haruddin Tanjung).
Banda Haruddin Tanjung

PEKANBARU, iNews.id - Seorang warga Desa Pantai Raja, Kecamatan Perhentian Raja, Kabupaten Kampar, Riau bernama Dedi Syahputra (30) tewas ditembak. Pelaku diduga pencuri sawit atau dikenal ninja sawit.

Kapolsek Perhentian Raja Iptu Rusman mengatakan, korban merupakan penjaga kebun sawit. Pada bagian dada korban, kata dia ditemukan lubang karena terkena tembakan. 

Selain itu, kata dia korban juga terluka karena sabetan alat panen sawit (tojok).

"Korban sempat dirawat di Rumah Sakit (RS) Pelita Lubuk Sakat. Namun, belakangan nyawanya tidak tertolong," ujar Rusman di Pekanbaru, Sabtu (4/6/2022).

Menurutnya, keterangan dari istri korban, kejadian terjadi pada 1 Juni 2022 malam di kebun sawit di Pantai Raja. Saat itu, korban bersama istrinya tengah menjaga ladang seperti biasa. 

Dia menyampaikan, malam itu korban sempat menelepon Jeremmy, pemilik kebun sawit mengabarkan ada TBS (tandan buah segar) berserakan di bawah pohon sawit alias ada pencurian. Jeremmy, lanjut dia meminta korban mengamankan sawit tersebut.

Selang berapa lama, kata dia muncul sekelompok orang mendatangi pondok dan menganiaya korban. Saat itu korban ditembak dan dipukul memakai tojo atau dodos (alat panen buah sawit).

Menurutnya, istri korban bernama Purnama juga dianiaya oleh para pelaku. Setelah melakukan penganiayaan, pelaku langsung melarikan diri. 

Dia mengungkapkan, para ninja sawit ini juga merampas handphone (HP) korban dan istrinya. Setelah pelaku kabur, Purnama dengan kondisi terluka berupaya membawa suaminya ke rumah sakit. 

"Kita melakukan penyelidikan terhadap pelaku. Diperkirakan lebih dari satu orang. Untuk korban sudah dilakukan autopsi juga sudah kita serahkan kepihak keluargnya," ucapnya.


Editor : Kurnia Illahi

BERITA TERKAIT