Warga dari berbagai daerah datang ke Festival Al Azhom di Kota Tangerang, Provinsi Banten untuk melihat artefak peninggalan baginda Rasulullah Muhammad dan sahabat. (Foto: Antara/Dok. Humas Pemkot Tangerang).
Antara

TANGERANG, iNews.id - Pameran artefak Rasulullah Muhammad SAW dihadirkan dalam Festival Al Azhom. Artefak tersebut menjadi magnet baru untuk mendatangkan pengunjung.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang, Provinsi Banten Kaonang mengatakan, Festival Al Azhom yang kegiatannya baru selesai Rabu (5/10/2022) malam berlangsung sukses karena berhasil menarik pengunjung dari luar daerah.

"Ini merupakan bukti kerja keras semua pihak dan masyarakat membutuhkan hiburan selama dua tahun vakum akibat pandemi Covid-19. Ini berlangsung meriah," ujar Kaonang di Tangerang, Kamis (6/10/2022).

Menurutnya, berdasarkan hasil pendataan yang dilakukan Panitia Festival Al Azhom, ada pengunjung yang datang dari Tegal, Pemalang dan daerah lainnya.

"Selama pelaksanaan Festival Al Azhom yang dilaksanakan pada tanggal 23 September hingga 5 Oktober 2022, totalnya ada sebanyak 35.000 pengunjung yang hadir," ucapnya. 

Dia berharap ke depannya masyarakat bisa terus ikut partisipasi dalam ajang yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Tangerang karena jadi momen kebangkitan pariwisata.

Ketua Panitia Festival Al Azhom Abdul Basit menyampaikan, Festival Al Azhom tidak hanya memberikan hiburan dan edukasi religi kepada masyarakat.

"Tetapi juga membuka peluang kepada pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya," katanya.

Berdasarkan catatan panitia, kata dia omzet penjualan dari para pedagang selama Festival Al Azhom berlangsung mencapai Rp2,5 miliar. 

"Kami sampaikan apresiasi kepada Pemkot Tangerang, pondok pesantren dan masyarakat yang sudah ikut memeriahkan acara ini," ucapnya.


Editor : Kurnia Illahi

BERITA TERKAIT