Pelabuhan paling terkenal di Indonesia, salah satunya Pelabuhan Sunda Kelapa. (Foto: Antara).
Reza Rizki Saputra

JAKARTA, iNews.id - Pelabuhan paling terkenal di Indonesia sering digunakan untuk mobilitas masyarakat maupun kegiatan perdagangan dan perindustrian. Pelabuhan ini melayani aktivitas penumpang maupun logistik. 

Pelabuhan merupakan salah satu tempat yang dibangun untuk dijadikan sebagai tempat berlabuh bagi kapal laut. Terdapat dua jenis pelabuhan yang ada pada suatu negara, yaitu pelabuhan umum dan khusus. 

Pelabuhan umum memiliki tujuan untuk melayani masyarakat umum yang ingin bepergian dengan kapal laut. Sedangkan pelabuhan khusus dibangun dengan suatu tujuan tertentu, seperti tempat ekspor atau impor barang.

Setiap jenis pelabuhan akan dikelola oleh penanggung jawab masing-masing sesuai fungsi dan tujuannya. Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki bentangan laut sangat luas. Tak heran di Indonesia terdapat banyak pelabuhan sesuai fungsinya. 

Berikut lima pelabuhan paling terkenal di Indonesia:

1. Pelabuhan Tanjung Priok

Berada di utara Provinsi DKI Jakarta dan menjadi salah satu pelabuhan tersibuk di Indonesia. Berbagai aktivitas mulai dari pengangkutan penumpang hingga angkutan barang domestik dan mancanegara pun sering dilakukan di Tanjung Priok.

2. Pelabuhan Merak

Memiliki letak strategis karena menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Sumatera yang terpisah oleh Selat Sunda. Pelabuhan Merak menjadi pintu masuk dari Provinsi Lampung di Pulau Sumatera dengan Provinsi Banten, di pulau Jawa ataupun sebaliknya. 

Setiap harinya terdapat ratusan perjalanan feri dari Merak ke Bakauheni di Lampung ataupun sebaliknya.

3. Pelabuhan Tanjung Perak

Merupakan salah satu pelabuhan paling ramai setelah Tanjung Priok. Pelabuhan ini berada di Surabaya dan selalu kedatangan ratusan kapal laut setiap harinya. 

Aktivitas di pelabuhan ini begitu ramai dan tak pernah sepi sedikitpun. Selain itu, Tanjung Perak juga dapat menghubungkan Surabaya dengan beberapa kota lainnya.

4. Pelabuhan Bakauheni

Menjadi pelabuhan penting mengingat posisinya yang menghubungkan pulau Sumatera dengan pulau Jawa. Pelabuhan Bakauheni berada di Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan dan selalu disinggahi oleh ratusan kapal setiap harinya. 

Kapal feri yang berlabuh di Bakauheni biasanya melayani jasa penyeberangan angkutan darat seperti bus-bus penumpang dari Merak, truk-truk barang ataupun mobil dan motor pribadi.

5. Pelabuhan Tanjung Emas

Pelabuhan ini memiliki luas 500 hektare dan berada di Semarang, Jawa Tengah. Berbagai kegiatan terdapat di pelabuhan ini, seperti kolam pelabuhan, dermaga, terminal, alur pelayaran dan gudang.

Menariknya, di Pelabuhan Tanjung Emas terdapat mercusuar bernama mercusuar Willem 3. Mercusuar itu merupakan satu-satunya yang ada di Jawa Tengah dan dibangun sejak 1884 pada masa pemerintahan Kolonial Belanda.

6. Pelabuhan Ketapang 

Merupakan pelabuhan khusus untuk kapal feri yang berada di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Pelabuhan ini menjadi pintu gerbang dari Pulau Jawa menuju Pulau Bali ataupun sebaliknya melalui Selat Bali. Setiap harinya ada ratusan feri yang berlabuh di pelabuhan Ketapang.

7. Pelabuhan Harbour Bay

Merupakan sebuah pelabuhan yang dekat dengan negara tetangga, yakni Singapura. Pelabuhan Harbour Bay termasuk salah satu pelabuhan internasional karena tidak hanya melayani rute kapal feri domestik, tetapi juga melayani rute perjalanan ke negara lain.

Hal unik yang dapat ditemukan di Pelabuhan Harbour Bay yaitu terdapat mal di dalamnya. Banyak produk fesyen dari berbagai brand-brand ternama. Ada juga restoran-restoran dan street food, serta penginapan yang akan memanjakan pengunjung.

8. Pelabuhan Sunda Kelapa

Sering disebut sebagai pasar ikan dan merupakan salah satu pelabuhan yang memiliki sejarah yang panjang bagi kota Jakarta karena pelabuhan ini sudah ada sejak zaman kerajaan Padjajaran atau abad ke-12. 

Awalnya pelabuhan Sunda Kelapa bernama pelabuhan Kalapa yang menjadi pintu keluar masuknya barang ke wilayah Jakarta yang pada saat itu dikuasai oleh Kerajaan Padjajaran. Pada awal tahun 1970, nama Kalapa diubah menjadi Sunda Kelapa.

9. Pelabuhan Batam Center

Berbeda dengan Pelabuhan Harbour Bay, Pelabuhan Batam Center didominasi oleh kapal-kapal pengangkut barang impor maupun ekspor. Tak heran apabila di Pelabuhan Batam Center sering dijumpai barang-barang buatan luar negeri yang dijual dengan harga terjangkau.

Pelabuhan Batam Center berada di pantai utara Pulau Batam, Kepulauan Riau. Di samping itu, pelabuhan ini menghubungkan kota Batam dengan Pelabuhan Internasional Singapura dan Pelabuhan Internasional di Johor Bahru, Malaysia. 

10. Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar

Tidak hanya bandara internasional di Tangerang saja yang dinamai dengan nama presiden dan wakil presiden Indonesia pertama. Kota Makassar pun menamai pelabuhannya dengan nama Pelabuhan Soekarno–Hatta. 

Pelabuhan ini dikelola oleh PT Pelindo (Pelabuhan Indonesia) dan terdapat terminal peti kemas. Terminal peti kemas merupakan wilayah keluar masuknya barang dari atau ke Makassar.


Editor : Kurnia Illahi

BERITA TERKAIT