Warga Lombok Timur Kekeringan, Forum Wartawan Salurkan 12 Tangki Air Bersih

Ramli Nurawang ยท Minggu, 13 September 2020 - 11:37:00 WIB
Warga Lombok Timur Kekeringan, Forum Wartawan Salurkan 12 Tangki Air Bersih
Penyaluran air bersih di Lombok Barat. (Foto: iNews/Ramli nurawang)

LOMBOK TIMUR, iNews.id - Warga Desa Ekas Buana, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) mulai kesulitan air bersih akibat kekeringan. Bantuan air bersih mulai mengalir, salah satunya Forum Wartawan Media Online Lombok Timur.

Penyaluran bantuan air bersih ini dilakukan pada Sabtu (12/9/2020). Mereka menggalang dana sehingga bisa mendistribusikan 12 tangki air bersih untuk warga terdampak kekeringan dan juga bantuan peralatan sekolah. Bila ada bantuan air bersih, warga akan selalu antre.

"Semua kita harus punya kepedulian satu sama lain, termasuk saudara kita yang saat ini kekurangan air bersih akibat kekeringan. Ada empat titik yang menjadi sasaran kita", kata Ketua FWMO Lombok Timur, Syamsurrijal.

Sementara salah satu warga Dusun Lendang Trak Desa Ekas Buana, Inaq Putri mengaku, banyak warga kurang mampu yang harus jalan kaki sepanjang tiga kilometer untuk mencari sumber mata air. Selain itu, tidak sedikit di antara warga harus membeli air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Warga harus merogoh kocek Rp200.000 untuk mendapatkan satu tangki air bersih untuk kebutuhan mandi, mencuci dan kebutuhan lainnya. Itupun hanya cukup sampai 15 hari untuk empat orang anggota keluarga,” katanya.

Lombok Timur saat ini berstatus siaga kekeringan. Ada 28 desa di 15 kecamatan yang terancam kekeringan, sembilan di antaranya mengalami dampak parah termasuk Desa Ekas Buana.

Pemda setempat melalui BPBD Lombok Timur setiap hari mendistribusikan air bersih ke warga terdampak. Selain itu, pemda juga terus berupaya melakukan penanganan jangka panjang.


Editor : Umaya Khusniah