Warga Konawe Blokade Jalur Trans Sulawesi Protes Jalan Rusak, Lalu Lintas Lumpuh

Febriyono Tamenk ยท Jumat, 06 November 2020 - 15:21:00 WIB
Warga Konawe Blokade Jalur Trans Sulawesi Protes Jalan Rusak, Lalu Lintas Lumpuh
Warga Konawe memblokade jalur Trans Sulawesi memprotes jalan desa mereka yang rusak parah. (Foto: iNews/Febriyono Tamenk)

KONAWE, iNews.id - Warga Desa Wonua Morome, Kecamatan Puriala, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) memblokade Jalan Trans Sulawesi dengan mendirikan tenda di tengah jalan, Jumat (6/11/2020). Aksi warga tersebut dilakukan sebagai bentuk protes atas kerusakan jalan yang tak kunjung diperbaiki.

Kerusakan jalan di wilayah mereka membuat aktivitas perekonomian warga terganggu. Akibat blokade tersebut, arus lalu lintas dari Konawe menuju Kendari maupun sebaliknya lumpuh total.

Jalan tersebut merupakan jalan poros Trans Sulawesi yang menghubungkan Kota Kendari dengan sejumlah daerah yang berada di Kabupaten Konawe Selatan dan Kabupaten Kolaka. Bahkan, mobil pengangkut elpiji mengaku sudah tiga hari terjebak di jalan akibat aksi blokade warga.

“Saya sudah tiga hari di sini. Mobil nggak bisa maju karena jalannya dituup warga,” kata sopir truk elpiji, Jajang.

Koordinator aksi, Widodo mengatakan, aksi blokade jalan merupakan kekesalan warga kepada pemerintah provinsi yang hingga saaat ini tidak pernah melakukan perbaikan jalan di desa mereka.

“Kami sudah pernah berupaya negosiasi dengan pemerintah agar jalan di desa kami diperbaiki, tapi pernah dilakukan,” katanya.

Warga pun mengancam tidak akan membuka blokade jalan tersebut jika tuntutan mereka tidak segera dipenuhi. Diketahui lebih dari 10 kilometer jalan ini mengalami kerusakan dari Desa Lambuya hingga Motaha. Kerusakan jalan tersebut membuat aktivitas perekonomian warga terganggu.

Editor : Kastolani Marzuki