Warga Aceh Besar Serahkan Pistol FN dan 14 Amunisi Aktif ke Polisi

Taufan Mustafa ยท Minggu, 14 Juni 2020 - 15:45 WIB
Warga Aceh Besar Serahkan Pistol FN dan 14 Amunisi Aktif ke Polisi
Senjata api rakitan (Antara)

BANDA ACEH, iNews.id - Warga Aceh Besar menyerahkan sepucuk senjata api (senpi) pistol jenis FN warna silver dan 14 amunisi aktif jens Pin 45 ke Kapolsek Baitusalam Ipda Safrizal di Polsek Baitussalam, Minggu  (14/6/2020) dini hari. Senpi tersebut diduga sisa konflik Aceh.

Kapolsek Baitussalam Ipda Safrizal mengatakan, penyerahan senpi pistol jenis FN beserta 14 butir amunisi itu atas sukarela warga.

“Sekitar pukul 00.30 WIB, saya menerima telephone dari warga yang tidak ingin menyebutkan identitasnya untuk bertemu di suatu tempat yang telah ditentukan oleh si penelpon tersebut.
Tapi, akhirnya warga tersebut bersedia mengantar langsung ke Polsek Baitussalam dengan mengendarai sepeda motor,” katanya.

Kapolsek mengapresiasi langkah warga yang ikut menyerahkan senpi tersebut diduga sisa konflik. “Senjata bersama amunisi tersebut masih aktif, kita juga belum mendapatkan informasi pemilik senpi tersebut apakah mantan GAM atau bukan," kata Safrizal.

Kapolsek menjelaskan, warga yang menyerahkan senpi tersebut tersentuh hatinya dengan kegiatan penyuluhan hukum yang disampaikan oleh Kapolsek Baitussalam dalam bertugas.

Dia juga meminta dukungan kepada seluruh warga untuk saling menjaga keamanan bersama-sama.

"Ini (penyerahan) merupakan apresiasi kinerja Kapolsek Baitussalam beserta personelnya dalam melakukan penyuluhan hukum terhadap warga setempat," ujar Kapolsek.        

Beberapa hari terakhir, Kapolsek Baitussalam beserta personelnya melakukan penyuluhan hukum kepada warga serta menempelkan imbauan selebaran di tempat-tempat keramaian.

Langkah itu membuat warga tersentuh hatinya untuk menyerahkan sepucuk senjata api beserta amunisi yang masih aktif.

"Selanjutnya senpi tersebut akan kami serahkan kepada Kapolresta Banda Aceh untuk ditindaklanjuti. Kita imbau kepada warga yang masih menyimpan atau menguasai senpi ataupun bahan peledak lainnya segera menyerahkan ke polisi,” ujarnya.


Editor : Kastolani Marzuki