Banjir Landa Aceh Besar, Ratusan Korban Mengungsi di Gedung Sekolah

Antara ยท Sabtu, 09 Mei 2020 - 17:53 WIB
Banjir Landa Aceh Besar, Ratusan Korban Mengungsi di Gedung Sekolah
Korban banjir mengungsi di SDN Garot, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar, Jumat (8/5/2020) malam. (Foto: Antara)

BANDA ACEH, iNews.id - Banjir melanda kawasan Kabupaten Aceh Besar, setelah sebelumnya juga merendam puluhan desa di Kota Banda Aceh. Ratusan warga korban banjir dari sejumlah desa di Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar, mengungsi di gedung sekolah dasar (SD), sejak Jumat malam (8/5/2020).

Bupati Aceh Besar Mawardi Ali mengatakan, pengungsi korban banjir ditempatkan di SD Negeri Garot dan masih terus bertambah. Mereka merupakan warga di sekitar sekolah tersebut.

"Data terakhir yang kami himpun ada 127 kepala keluarga. Sebagian besar mereka dari Gampong Garot dan beberapa dari desa lainnya di Aceh Besar," kata Mawardi di Aceh Besar.

Pemerintah Kabupaten Aceh Besar sudah menyiapkan dapur umum serta logistik untuk para pengungsi di sekolah tersebut.

"Semua sudah disiapkan, baik makanan maupun minuman. Yang masih diusahakan popok anak-anak. Malam ini juga kami upayakan ada," kata Mawardi Ali.

Selain di Kecamatan Darul Imarah, Bupati Aceh Besar menyebutkan ada dua kecamatan lainnya juga dilanda banjir, yakni Kecamatan Peukan Bada dan Kecamatan Lhoong.

Di Kecamatan Peukan Bada, ada 20 keluarga terdampak banjir. Semua korban banjir di kecamatan tersebut sudah ditangani.

"Camat Peukan Bada sudah melaporkan bahwa korban banjir di wilayah tugasnya sudah ditangani, termasuk menyiapkan dapur umum dan logistik untuk kebutuhan masyarakat terdampak banjir," katanya.

Banjir juga terjadi di Kecamatan Lhoong. Sedikitnya 18 kepala Keluarga di Gampong Krueng Kala, mengungsi akibat banjir yang mengenangi kawasan permukiman daerah setempat. Warga mengungsi di kawasan wisata Air Terjun Suhom, Irigasi Geuntet dan Gunong Paro.

“Kami berharap intensitas hujan dapat berkurang sehingga banjir tidak lagi melanda kawasan Lhoong khususnya dan Aceh Besar umumnya,” kata Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali di Lhoong, Sabtu (9/5/2020).

Pernyataan itu disampaikan Mawardi saat meninjau langsung lokasi yang terdampak banjir akibat tingginya intensitas hujan yang melanda kawasan Lhoong.

Dalam kunjungan ke lokasi terdampak banjir, Mawardi Ali yang didampingi Sekdakab Iskandar dan pimpinan OPD terkait meninjau langsung lokasi dan memastikan berbagai sarana dan prasarana yang harus segera diperbaiki.

Bupati Aceh Besar juga menyerahkan bantuan sembako dan kebutuhan keperluan dapur umum guna membantu masyarakat yang terdampak banjir.


Editor : Maria Christina