Wapres Maruf: Pondok Pesantren Harus Ikut Pemberdayaan Ekonomi Umat

Antara · Kamis, 09 Desember 2021 - 21:35:00 WIB
Wapres Maruf: Pondok Pesantren Harus Ikut Pemberdayaan Ekonomi Umat
Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menghadiri gelaran parade Ekonomi dan Bisnis Masyarakat Pesantren (Istimewa)

BANTEN, iNews.id - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menghadiri gelaran parade Ekonomi dan Bisnis Masyarakat Pesantren. Kegiatan itu untuk peningkatan literasi para santri dalam bidang ekonomi dan keuangan syariah.

"Saya berharap ini akan menjadi benih pusat inkubasi bisnis syariah serta menambah wawasan bagi para santri dalam mengembangkan ide dan inovasi," kata Ma'ruf di Pondok Pesantren Technopreneur As-Shofa Tangerang, Banten melalui konferensi video di Jakarta, Kamis, (9/12/2021).

Dalam acara yang mengusung tema “Bersama Pesantren Membangun Negeri, Langkah Maju Tak Terhenti” tersebut, Wapres mengucapkan terima kasih karena tema tersebut sejalan dengan semangat visi pemerintah menjadikan Indonesia sebagai pusat Industri halal terbesar di dunia pada tahun 2024.

Lebih jauh Wapres menegaskan bahwa pondok pesantren harus ikut serta dalam upaya memberdayakan ekonomi umat.

"Pesantren yang berjumlah lebih dari 27 ribu di seluruh Indonesia harus memainkan peranan vital di bidang pemberdayaan ekonomi umat," kata Ma'ruf.

Sementara itu, untuk membangun ekonomi keumatan, Ketua Sentra pengembangan ekonomi pesantren (Spektren) Ahmad Syaudi Maruf Amin meluncurkan produk ekosistem ekonomi yang disebut Community Based Santripreneurship(CBS). 

Program itu dikerjakan dengan menggandeng lembaga pengembangan ekonomi Santri Milenial Centre (Simac). Menurutnya, program CBS dibentuk untuk dijadikan sentrum ekonomi pesantren yang terintegrasi. 

"Kemandirian ekonomi tidak akan bisa kokoh kalau tidak dibangun secara tersinergi. Kita akan berantem sendiri, inilah pentingnya sinergi dan kolaborasi dengan semua pihak," kata pria yang kerap disapa Gus Syauq.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: