Wah, Simpanse Jenis Owa Ungko Lahirkan Bayi Sehat di Kandang Transit BBKSDA Riau

Antara ยท Jumat, 19 Februari 2021 - 18:02:00 WIB
Wah, Simpanse Jenis Owa Ungko Lahirkan Bayi Sehat di Kandang Transit BBKSDA Riau
Seekor bayi Owa Ungko berusia dua hari menyusu ke induknya. (Foto: Antara)

PEKANBARU, iNews.id – Seekor spesies simpanse yang dilindungi, Owa Ungko (Hylobates agilis) melahirkan seekor bayi sehat di kandang transit Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau di Kota Pekanbaru, Rabu (17/2/2021) dini hari. Kondisi induk dan anak Ungko saat ini sehat.

Kandang transit BBKSDA Riau merupakan tempat penampungan bagi satwa korban konflik dan sitaan dari masyarakat. Induk Ungko bernama Sirin dan berumur tujuh tahun.  

Kepala BBKSDA Riau, Suharyono mengatakan, sebelumnya, Sirin diserahkan secara sukarela oleh warga penampungan Rohingya pada tahun 2017. Sirin melakukan perkawinan dengan induk Owa Ungko jantan bernama Jono di kandang transit.

“Saat ini tim medis BBKSDA Riau belum bisa mengetahui kelamin dan berat badan anak dari Sirin. Ini karena Sirin terlihat sangat protektif terhadap anaknya dan tidak mau didekati orang,” katanya, Jumat (19/2/2021).

Sementara pejantan dari Ungko tersebut saat ini telah dititipkan di lembaga konservasi pada sekitar bulan November 2020. Saat penitipan Ungko jantan, pihak BBKSDA Riau belum mendeteksi bahwa Ungko betina Sirin dalam kondisi hamil.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2