Viral Pesepeda Perempuan Tak Berjilbab dan Berbaju Ketat di Aceh, Wali Kota Minta Dicari

Sindonews ยท Senin, 06 Juli 2020 - 19:01 WIB
Viral Pesepeda Perempuan Tak Berjilbab dan Berbaju Ketat di Aceh, Wali Kota Minta Dicari
Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman. (Foto: Sindonews)

BANDA ACEH, iNews.id - Warga Kota Banda Aceh dihebohkan dengan aksi sekelompok perempuan yang bersepeda tanpa memakai jilbab, Minggu (5/7/2020). Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman pun meminta petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Wilayatul Hisbah (WH) atau polisi syariah mencari mereka untuk dibina.

Selain tak memakai jilbab, para pesepeda perempuan itu juga berkeliling kota dengan mengenakan baju ketat berwarna pink. Aksi mereka terlihat dari foto-foto dan video yang viral di media sosial. Foto-foto itu menunjukkan ada sekitar 10 orang perempuan bersepeda berkeliling kota yang menerapkan syariat Islam itu.

Penampilan mereka yang dinilai memakai baju seksi menunjukkan bentuk tubuh dan tak menggunakan jilbab mengundang amarah warga Kota Banda Aceh. Para netizen pun menyampaikan kecaman mereka kepada sekelompok perempuan tersebut karena berpenampilan seperti itu di kota yang menerapkan Syariat Islam.

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman mengatakan, dirinya telah meminta petugas Satpol PP dan WH mencari para pesepeda itu. Mereka selanjutnya diminta dibawa ke kantor untuk diberikan pembinaan.

“Satpol PP dan WH Cari keberadaan mereka, panggil dan lakukan pembinaan,” kata Aminullah di Banda Aceh, Senin (6/7/2020).

Menurut Aminullah, aksi yang dilakukan perempuan-perempuan tersebut merupakan tindakan pelanggaran syariat Islam. “Kota ini menerapkan Syariat Islam. Setiap tamu yang datang harus menghargai dan mentaati aturan yang ada di kota ini,” kata Aminullah.

Menurut Wali Kota, siapapun yang berada di wilayah Banda Aceh diminta menghargai nilai-nilai syariat Islam yang berlaku di kota itu. Meskipun tamu dari kalangan nonmuslim, mereka harus bisa menghargai norma-norma yang ada di Aceh.


Editor : Maria Christina