Viral Foto Komodo Lewati Truk, BTNK Tutup Pulau Rinca Hingga Juni 2021

Yoseph Mario Antognoni ยท Senin, 26 Oktober 2020 - 21:37:00 WIB
Viral Foto Komodo Lewati Truk, BTNK Tutup Pulau Rinca Hingga Juni 2021
Sekawanan komodo di Taman Nasional Komodo, kawasan konservasi Pulau Rinca, Nusa Tenggara Timur (NTT). (Foto: AFP)

LABUAN BAJO, iNews.id – Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) menutup sementara kawasan Pulau Rinca, Labuan Bajo pasca-viralnya foto Komodo melewati truk proyek Jurassic Park, Senin (26/10/2020). Penutupan tersebut dituangkan dalam surat pengumuman yang dikeluarkan BTNK dengan nomor : PG.816/T.17/TU/EVLP/10/202 tanggal 25 Oktober 2020.

Dalam surat itu disebutkan Pulau Rinca ditutup sementara bagi aktivitas wisatawan.

Kepala BTNK, Lukita Awang menjelaskan, penutupan Pulau Rinca itu dimulai 26 Oktober 2020 hingga 30 Juni 2021.

“Penutupan sementara Resort Loh Buaya dari kunjungan wisatawan, sebagai upaya penataan sarana dan prasarana (Sarpras) wisata alam,” ungkap Lukita dalam surat tersebut.

Sebelumnya, foto Komodo melewati truk yang terjebak lumpur di jalan proyek Jurassic Park viral di media sosial.

Dua pekerja proyek Jurassic Park pun mengungkapkan detik-detik truk yang dikendarainya dihampiri binatang purba Komodo, Senin (26/10/2020).

Kedua pekerja yakni, Kansas (22) dan Tono (33) mengaku kaget setelah truknya dilewati Komodo.

Kansas menjelaskan, kejadian tersebut berlangsung setelah mobil yang mereka tumpangi yang tengah memuat material berupa besi tengah terjebak di jalur yang berlumpur.

"Kita lagi muat besi, terus sampai di lokasi kejadian ini ban truk tertanam lumpur dan tidak bisa melanjutkan perjalanan. Waktu itu pas jam 3 sore," kata Kansas ditemui di Pulau Rinca, Senin (26/10/2020).

Setelah ban mobil dump truk terjebak di jalur tersebut, Kansas dan rekannya, Tono tidak melanjutkan perjalanan dan memilih mematikan mesin truk. 

Tak lama berselang, Kansas dan Toni melihat seekor Komodo datang menghampiri mereka. Karena baru pertama kali melihat Komodo, Kansas dan Toni ketakutan dan memilih menaiki dump truk tersebut.

Hal senada juga disampaikan Tono. Menurut dia, kejadian yang berlangsung pada Kamis (22/10/2020) tersebut tidak seperti yang sedang viral di media sosial bahwa Komodo seolah-olah sedang menghadang mobil dump truk tersebut.

Tono juga menjelaskan bahwa Komodo tersebut bukan persis datang dari arah depan mobil dump truk, namun dari sebelah samping jalan.

"Posisi mobilnya mati, saat Komodo itu melintas kita takut karena baru pertama kali melihat Komodo dan kita naik ke atas dump truk," ujar Tono, pekerja asal Pulau Jawa.

Editor : Kastolani Marzuki