Cagar Alam Habitat Komodo di Pulau Flores Terbakar

Antara ยท Kamis, 13 Agustus 2020 - 23:10 WIB
Cagar Alam Habitat Komodo di Pulau Flores Terbakar
Kebakaran hutan dan lahan di malam hari. (Foto: Antara).

KUPANG, iNews.id - Kawasan Cagar Alam Wae Wuul di Kabupaten Manggarai Barat, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), terbakar. Penyebab munculnya api yang melahap lahan tersebut sementara masih belum diketahui.

Kepala Balai Konsevasi Sumber Daya Alam (BKSDA) NTT, Timbul Batubara, membenarkan adanya kebakaran di kawasan cagar alam Desa Macan Tanggar, Kecamatan Komodo, Kamis (13/8/2020) malam.

"Saat ini masih dilakukan upaya pemadaman di lapangan dengan ekstra waspada," kata Timbul saat dikonfirmasi di Kota Kupang, NTT, Kamis malam.

Menurut dia, kabar adanya kebakaran di kawasan tersebut diperoleh sekitar pukul 22.00 WITA. Informasi dari tim di lapangan, titik api yang muncul berada di wilayah Wingkol, bagian barat cagar alam.

Timbul mengatakan, penyebab kebakaran saat ini belum diketahui karena bisa dipastikan setelah dilakukan pengumpulan bahan dan keterangan. Petugas masih harus memadamkan api lebih dulu sebelum melakukan penyelidikan.

"Sementara petugas dari pemadam kebakaran masih sibuk melakukan pemadaman. Setelah itu baru mereka kumpulkan keterangan untuk diketahui penyebabnya," ujar dia.

Kawasan Cagar Alam Wa Wuul dengan luas 3.000 hektare ini merupakan habitat satwa purba komodo (varanus komodoensis) maupun rusa, babi, kuda liar, dan sejumlah satwa lainnya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal