Viral di Medsos Eyang Ibung Peramal Gempa, Ini Kata BMKG

Andi Mohammad Ikhbal ยท Sabtu, 03 Agustus 2019 - 10:23 WIB
Viral di Medsos Eyang Ibung Peramal Gempa, Ini Kata BMKG
Postingan Facebook Eyang Ibung terkait gempa. (Foto: Istimewa).

MATARAM, iNews.id - Warganet sedang ramai membicarakan sosok Eyang Ibung. Sebuah akun Facebook, namun sudah membuah heboh jagat media sosial karena telah meramalkan gempa.

Baru-baru ini, postingan akun Eyang Ibung pada Sabtu (3/8/2019) meminta masyarakat di wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) lebih waspada hingga Sabtu sore.

"Mohon maaf ya bukan memprediksi akan terjadi gempa untuk wilayah NTB, tetapi harus waspada, perbanyak solat," ujar dia.

BACA JUGA: 7 Fakta Gempa Tektonik M 6,9 di Banten, Pakar Sebut Ada Potensi Megathrust

Meski membuat geger media sosial, banyak juga warganet yang enggan mempercayai ramalan-ramalan pengguna Facebook tersebut.

Hal ini seperti yang selalu menjadi imbauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), yakni jangan percaya pada isu yang belum tentu benar, serta tidak dapat dipertanggungjawabkan.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono.

BACA JUGA: Pantau Dampak Gempa, Kepala BNPB Doni Monardo Tiba di Pandeglang Banten

Fenomena gempa dengan magnitudo 6,9 (awalnya magnitudo 7,4) terjadi di Barat Daya Banten pada Jumat (2/8/2019) kemarin memang sempat membuah heboh masyarakat.

Selain peringatan potensi tsunami di Provinsi Banten, Lampung dan Bengkulu, guncangan dirasakan warga Jabodetabek, Jabar, Jateng, Jatim hingga Bali.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal